Peran International Labour Organization (ILO) melalui Proyek PROMOTE : Decent Work for Domestic Workers to End Child Domestic Work dalam Menangani Masalah Pekerja Rumah Tangga Anak (PRTA) di Indonesia

Wulandari, PuspitaTri (2017) Peran International Labour Organization (ILO) melalui Proyek PROMOTE : Decent Work for Domestic Workers to End Child Domestic Work dalam Menangani Masalah Pekerja Rumah Tangga Anak (PRTA) di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengangkat tema mengenai peran dari ILO dalam menangani masalah pekerja rumah tangga anak di Indonesia yang dilaksanakan pada 2014-2016. Pekerja anak merupakan salah satu bentuk pelanggaran atas hak anak yang terjadi di banyak negara. Anak yang bekerja dalam sektor rumah tangga disebut sebagai pekerja rumah tangga anak, yang diberi pemahaman sebagai anak dibawah usia minimum yang bekerja dalam sektor rumah tangga di rumah pihak ketiga atau majikan (dengan atau tanpa upah) dengan motif kegiatan ekonomi. Tingkat permasalahan pekerja rumah tangga anak di Indonesia masih tergolong tinggi dan cukup mengkhawatirkan. Tanpa adanya pendidikan yang mecukupi, anak-anak ini hanya memiliki kesempatan kerja yang terbatas, salah satu peluang kerja ialah masuk dalam sektor informal yang tidak membutuhkan syarat khusus seperti penyedia jasa rumah tangga. Kondisi pekerja rumah tangga di Indonesia sendiri juga masih dianggap sebagai pekerjaan yang rendah dan sepele sehingga belum adanya aturan kondisi kerja mereka. Pemenuhan akan hak dasar seperti ini seluruhnya bergantung pada majikan. Tidak adanya pengawasan dari pemerintah membuat para PRT/PRTA ini seringkali harus menjalani bekerja berat dan eksploitatif. Menanggapi permasalahan yang dihadapi Indonesia ini, ILO sebagai badan organisasi internasional yang bertanggung jawab khusus dalam menangani ketenagakerjaan berkomitmen untuk membantu pemerintah dengan melaksanakan Proyek PROMOTE : Decent Work for Domestic Workers to End Child Domestic Work. Proyek PROMOTE ini yang memiliki tujuan untuk mengurangi pekerja rumah tangga anak secara signifikan dengan meningkatkan kapasitas kelembagaan organisasi-organisasi pekerja rumah tangga agar dapat mempromosikan pekerjaan layak bagi pekerja rumah tangga secara efektif. Oleh karena itu saya tertarik untuk mengangkat permasalahan ini karena melihat kompleksitas permasalahan yang dihadapi oleh para pekerja rumah tangga anak sehingga dalam penanganan dan pencegahan dibutuhkan program dan strategi khusus dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/50/051701392
Subjects: 300 Social sciences > 327 International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Feb 2017 13:40
Last Modified: 22 Oct 2021 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/123168
[thumbnail of Full_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Full_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item