Evaluasi Ruang Gerak dengan Pendekatan Metode Pembelajaran BCCT Pada Pendidikan Pra Sekolah (Studi Kasus : BSS Children Center)

Rusdi, Apriani Alifi (2018) Evaluasi Ruang Gerak dengan Pendekatan Metode Pembelajaran BCCT Pada Pendidikan Pra Sekolah (Studi Kasus : BSS Children Center). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan tahap pijakan dasar untuk menempuh pendidikan ke tahap selanjutnya. Pendidikan tersebut dapat diperoleh melalui pendidikan pra sekolah berupa TK atau taman kanak-kanak dan PAUD atau pendidikan anak usia dini. Pemerintah telah menetapkan perihal kurikulum 2013 PAUD dimana kurikulum tersebut telah disesuaikan dengan kebutuhan anak. Kurikulum 2013 PAUD memiliki tiga tipe metode pembelajaran yaitu sudut, area dan sentra. Metode pembelajaran sentra adalah metode yang paling disarankan oleh pemerintah karena metode tersebut merupakan hasil pengembangan dari metode pembelajaran sebelumnya. Metode pembelajaran sentra atau BCCT menuntut anak untuk belajar lebih aktif dan kreatif sehingga guru hanya sebagai fasilitator untuk anak. BCCT (Beyond Center and Circle Time) memiliki delapan ruang kelas dimana tujuh diantaranya merupakan kelas indoor. Ruang kelas indoor yang digunakan harus mampu mewadahi rasa aman dan nyaman sehingga anak dapat bergerak aktif di dalam kelas. Pada penelitian ini menggunakan metode behavioral mapping dan studi literatur untuk membandingkan ruang kelas pada kondisi lapangan dengan teori. Metode behavioral mapping digunakan untuk mengetahui pola perilaku anak di dalam kelas sehingga dapat diketahui aktifitas apa saja yang terjadi selama proses pembelajaran. Aktifitas tersebut kemudian digunakan untuk menghitung besar ruang gerak anak sehingga dapat diketahui ruang gerak minimum yang dibutuhkan pada setiap ruang kelas atau sentra. Hasil ruang gerak tersebut dibandingkan dengan teori mengenai lingkungan kelas yang baik dan sesuai dengan metode pembelajaran BCCT untuk dievaluasi tingkat kesesuaiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap anak membutuhkan ruang gerak minimal sebesar tiga meter persegi. Hasil ruang gerak tersebut untuk mengetahui tingkat kesesuaian ruang kelas pada lokasi penelitian dengan teori yang sudah dikaji.

English Abstract

Early childhood education is a basic step to the next stage of education. Eduaction can be obtained through pre-school education in kindergarten and early childhood education. The government has been set out the curriculum of 2013 PAUD which the curriculum has been adapted to the needs of the child. Curriculum of 2013 PAUD has three types of learning method such as angle, zone and center. Center learning method is the most recommended method by the government because this method is the result of the development from previous learning method. Center learning method or BCCT require children to learn more actively and creatively so that the teacher only as a facilitator for children. BCCT (Beyond Center and Circle Time) has eight classroom where seven of them are indoor classes. Indoor classroom used should be able to accommodate a sense of safe and comfort so that children can move actively in the classroom. In this research using behavioral mapping method and literature study to compare classroom on the field condition with the theory. Behavioral mapping method is used to know the behavior patterns of children in the class so that it can be known what activities occur during the learning process. This activity then used to calculate the amount of space for children so that it can know the minimum required space in each classroom or center. The results of the space are compared with the theory of a good classroom environment and in accordance with BCCT learning method to evaluate its suitability level. The results showed that each child need a minimum of three square meters of space. The result of the space is to know the level of suitability of the classroom in the research location with the theory that has been studied.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/462/051806033
Uncontrolled Keywords: BCCT, PAUD, sentra BCCT, kindergarten, center
Subjects: 300 Social sciences > 374 Adult education > 374.4 Distance education
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Oct 2018 03:16
Last Modified: 22 Oct 2021 02:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12206
[thumbnail of 05 BAB IV.pdf]
Preview
Text
05 BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 06 BAB V.pdf]
Preview
Text
06 BAB V.pdf

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 08 LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Apriani Alifi Rusdi.pdf]
Preview
Text
Apriani Alifi Rusdi.pdf

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of 02 BAB I.pdf]
Preview
Text
02 BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 03 BAB II.pdf]
Preview
Text
03 BAB II.pdf

Download (600kB) | Preview
[thumbnail of 01 COVER.pdf]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 04 BAB III.pdf]
Preview
Text
04 BAB III.pdf

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 07 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item