Loyalitas Konsumen Terhadap Rumah Makan “Ayam Goreng Nelongso” Di Kota Malang

Muzakki, Afrian Hafidz (2018) Loyalitas Konsumen Terhadap Rumah Makan “Ayam Goreng Nelongso” Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan dalam usaha bisnis pada masa modern sangat ketat, kebutuhan konsumen akan barang dan jasa terus meningkat, banyaknya rumah makan bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen, upaya-upaya yang dilakukan untuk memuaskan kebutuhan konsumen dilakukan oleh setiap perusahaan dengan berbagai strategi dan cara dengan harapan konsumen merasa puas dan akan melakukan pembelian ulang, Salah satu cara agar tetap dapat mempertahankan konsumen adalah dengan menciptakan loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen merupakan komitmen pelanggan yang bertahan secara mendalam untuk berlangganan kembali atau melakukan pembelian ulang produk atau jasa secara konsisten dimasa yang akan datang dengan tingkat konsistensi yang tinggi. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2017 sampai dengan 18 Mei 2017 di rumah makan Ayam Goreng Nelongso. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui loyalitas konsumen rumah makan Ayam Goreng Nelongso. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa rumah makan Ayam Goreng Nelongso tersebut ramai dikunjungi konsumen dan dapat dengan mudah mendapatkan responden. Metode pemilihan lokasi yang digunakan adalah accidental sampling atau sampling setiap unsur dalam populasi tidak memiliki peluang yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey merupakan metode pengumpulan data primer yang diperoleh melalui pengamatan secara langsung dan wawancara dengan responden. Jumlah responden yang digunakan untuk sampel penelitian sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa terbentuk faktor baru yang diantaranya indeks 1 Rasa dan Variasi Produk serta Mesin Kasir, indeks 2 Fasilitas Fisik dan indeks 3 Harga dan Tempat Parkir yang mampu mewakili nilai faktor tersebut adalah nilai dengan faktor loading yang tertinggi dengan makna korelasi sangat kuat yaitu antara 0,75-0,90. Setelah dianalisis faktor kemudian nilai loading faktor tertinggi dianalisis menggunakan regresi berganda, bahwa yang mempengaruhi loyalitas konsumen adalah indeks 1 Rasa dan Variasi Produk serta Mesin Kasir, indeks 2 Fasilitas Fisik dan penghasilan perbulan yang mampu berpengaruh sebesar 32,1%. Berdasarkan persamaan regresi yang berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen didapatkan hasil bahwa indeks 1 Rasa dan Variasi Produk serta Mesin Kasir berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan nilai korelasi sebesar 0,394 yang berarti kenaikan pada Rasa dan Variasi Produk serta Mesin Kasir akan mempengaruhi peningkatan loyalitas konsumen dalam membeli produk dari rumah makan Ayam Goreng Nelongso sebesar 0,394, indeks 2 Fasilitas Fisik berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen rumah makan ayam goreng nelongso dengan nilai korelasi sebesar 0,276 yang berarti semakin meningkatnya pelayanan yang diberikan terhadap konsumen maka akan menaikkan loyalitas konsumen sebesar 0,276, faktor pendapatan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen rumah makan ayan goreng nelongso dengan nilai korelasi sebesar 0,301 yang berarti semakin meningkatnya pendapatan konsumen akan menaikan loyalitas konsumen sebesar 0,301. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Loyalitas konsumen terhadap Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso ditunjukkan dengan konsumen merekomendasikan rumah makan ayam goreng nelongso ke orang lain. Konsistensi rasa produk bersamaan dengan variasi produk dan keberadaan mesin kasir mempengaruhi loyalitas konsumen, sedangkan kebersihan tempat bersama dengan ketersediaan kamar mandi, pengetahuan produk dan daftar menu cukup berpengaruh, pendapatan konsumen merupakan faktor berikutnya yang dipertimbangkan untuk loyalitas konsumen. Saran dari hasil penelitian bahwa fasilitas penunjang seperti pendingin ruangan, kebersihan lantai perlu ditambahkan untuk mengingkatkan kenyamanan konsumen, dengan konsumen merasa nyaman maka akan meningkatkatkan loyalitas konsumen.

English Abstract

The research was conducted at “Ayam Goreng Nelongso” restaurant. The aims of this research was to investigate the customer’s loyalty to “Ayam Goreng Nelongso” restaurant. The method used in this research is survey method, this is the a method to collect the data with direct observation and interview to consumer. Accidental sampling method was used to select 100 consumer. Factor and regresion analysis where applied to analysis a data. The data was collected from 11st May 2017 until 18th May 2017 at “Ayam Goreng Nelongso” restaurant. consumer loyalty were represented by the recommendation to other people, constantly interested toward the product and repeating buying. unique taste and variations of product together with existence of cashier machine, appropriateness portion, quick and proper service, and promotion incresed consumer loyality to the restaurant. how ever the clean restaurant, toilets and menu list as while as consumer income heet somewhat influence on consumer loyality to restaurant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/257/051805022
Uncontrolled Keywords: Taste, quick, recommendation
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:21
Last Modified: 22 Oct 2021 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12199
[thumbnail of Afrian Hafidz Muzakki.pdf] Text
Afrian Hafidz Muzakki.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item