Karakteristik genetik udang putih (Penaeus vanamel) pada 2 filial menggunakan PCR-RFLP yang dianalisa dengan COIL-COIH pada mt-DNA

Kilawati, Yuni and Iranawati, Feni and Yuniarti, Ating (2009) Karakteristik genetik udang putih (Penaeus vanamel) pada 2 filial menggunakan PCR-RFLP yang dianalisa dengan COIL-COIH pada mt-DNA. Project Report. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-Universitas Brawijaya, Malang. (Unpublished)

Abstract

Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah mendukung kebijakan pemerintah untuk mengurangi import dan meningkatkan eksport non migas dengan menampilkan karakteristik genetik dari udang putih (Penaeus vannamei), sehingga produk ini bisa dihasilkan di Indonesi dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk import. target khusus yang ingin dicapai pada penelitian tahun kedua ini adalah memperoleh pola atau karakteristik genetik udang putih (Penaeus vannamei) filial 2 (F2) serta membandingkannya dengan filial 1 (F1). latar belakang dari penelitian ini adalah mudah terserangnya induk udang ketika sudah pada tahap F2 dan seterusnya. manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi kepada para pembudidaya udang tentang kualitas udang dilihat dari karakteristik genetiknya, sehingga pemillhan terhadap induk udang bisa dilakukan secara lebih optimal. manfaat yang kedua adalah untuk para pengusaha udang tentang pola genetik udang pada fillial 1 dan 2. metode yang digunakan adalah analisis mitokondria DNA dengan PCR-RFLP. rincian kegiatan yang dilakukan meliputi : sampling induk udang putih (Penaeus vannamel) dan Induk udang windu (Penaeus monodon), ekstraksi DNA, amplifikasi PCR menggunakan universal primer COIL-COIH dan analisa restriksi, pengamatan single strain menggunakan elektroforesis gel agarose, pewarnaan dengan pemotongan PCR product, pengamatan hasil dibawah transluminator, pendokumentaisian. karakteristik genetik udang F1 yang telah diperoleh pada penelitian pada tahun pertama dan F2 yang akan diperoleh pada penelitian tahun kedua dibandingkan sehingga ditemukan faktor pembeda diantara sampel tersebut.

English Abstract

-

Item Type: Monograph (Project Report)
Identification Number: PEN/595.388/KIL/k/2009/021300170
Uncontrolled Keywords: GENES, PENAEUS, SHRIMPS
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 595 Arthropoda > 595.3 Crustacea > 595.38 Eucarida > 595.388 Natantia (Shrimps)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Users 20 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:05
Last Modified: 19 Sep 2018 04:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12131
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item