Selubung Atap Pintar Bangunan Sebagai Sistem Pendinginan dan Ventilasi Alami Untuk Kenyamanan Termal Rumah Tinggal di Daerah Tropis

Nugroho, Agung Murti (2011) Selubung Atap Pintar Bangunan Sebagai Sistem Pendinginan dan Ventilasi Alami Untuk Kenyamanan Termal Rumah Tinggal di Daerah Tropis. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat-Universitas Brawijaya, Malang. (Unpublished)

Abstract

Strategi penghawaan alami dengan meningkatkan kecepatan angin dan menurunkan suhu udara di dalam ruang adalah prinsip utama utama untuk mencapai kenyamanan termal di rumah sederhana Indonesia. Di daerah iklim panas dan lembab, strategi penghawaan bukaan satu sisi (single side) mempunyai kelemahan yang mana penghawaan silang tidak dapat dimaksimalkan Oleh sebab Itu penggunaan cerobong surya sebagai strategi pengudaraan apung untuk rumah dengan bukaan hanya satu sisi saja adalah penting untuk dikaji. Kajian ini menilai bentuk cerobong surya sebagai salah satu model atap cerdas untuk meningkatkan kecepatan angin dan menurunkan suhu sebagai penyelesaian kecerdasan dasar dalam iklim panas dan lembab. Kajian ini menggunakan simulasi penghawaan alami pada tipikal ruang tidur rumah sehat sederhana. Simulasi penghawaan alami menggunakan program simulasi CFD yang telah divalidasi dengan membandingkan antara hasil simulasi dengan hasil pengukuran lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model optimum cerobong surya adalah tinggi 3.5m, panjang 3m dan lebar 0,5m memberi hasil yang signifikan dalam meningkatkan kecepatan angin hingga 30% dibandingkan dengan rumah eksisting. Pengaruh ini cukup besar dalam memperbaiki kenyamanan termal di rumah sederhana teres melalui penghawaan alami, Temuan ini menunjukkan bahwa modifikasi atap melalui penambahan cerobong surya dapat meningkatkan kecepatan angin. Kesimpulannya, pengembangan cerobong surya sebagai bentuk atap pintar dalam iklim panas dan lembab perlu mempertimbangkan antara peningkatan kecepatan angin dan penurunan suhu bagi kenyamanan suhu yang optimal.

English Abstract

-

Item Type: Monograph (Project Report)
Identification Number: PEN/690.8/NUG/s/2011/021300057
Uncontrolled Keywords: HOUSE LIFE, TROPIC - AIR CONDITION, HOUSE LIFE, TROPIC - VENTILATION
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Users 20 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2018 08:36
Last Modified: 07 Nov 2022 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12089
[thumbnail of 021300057.pdf] Text
021300057.pdf

Download (26MB)

Actions (login required)

View Item View Item