Handayani, Dian Novita (2017) Deixis Used On Wardah Cosmetic Catalogs Text Periods Of January 2017 Series of “White Secret”, “Lightening”, And “Renew You”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan lainnya. Pada dasarnya, komunikasi dibagi menjadi dua, yaitu komunikasi dalam bentuk lisan ataupun tulisan. Untuk komunikasi berbentuk tulisan, orang-orang dapat berkomunikasi dalam bentuk tertulis. Biasanya bentuk komunikasi seperti ini ditemukan di koran, majalah, brosur, buku, katalog, dan masih banyak lainnya. Sejak katalog digunakan untuk media berkomunikasi antara produsen dan konsumen, katalog merupakan objek yang menarik untuk diteliti. Pada penelitian ini penulis merumuskan dua masalah yaitu tipe deiksis apa saja yang terdapat pada katalog teks kosmetik Wardah, dan tipe deiksis apa yang lebih banyak ditemukan katalog teks kosmetik Wardah. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini termasuk metode kualitatif dikarenakan penulis memilih objek katalog. Pada penelitian ini, penulis memilih tiga katalog teks kosmetik Wardah yang diambil dari Malang Town Square (Matos) sejak tanggal 4 sampai 7 Januari 2017. Setelah itu penulis menganalisa data menggunakan teori Yule (2006) dan Levinson (1983) sebagai teori utama penelitian. Dari hasil penelitian, penulis menemukan ada 357 ekspresi-ekspresi deiksis yang terdiri dari 131 deiksis persona (35.31%), 71 deiksis waktu (16.17%), 25 deiksis tempat (6.74%), 3 deiksis sosial (0.81%), dan 152 deiksis wacana (40.97%) yang dihasilkan dari ketiga katalog tersebut. Untuk para peneliti selanjutnya dengan topik yang sama, penulis menyarankan agar peneliti selanjutnya memilih objek yang berbeda seperti halnya koran, majalah, buku, novel, dan lainlain. Mereka juga disarankan agar menggunakan teori deiksis yang berbeda dan menganalisa deiksis lebih khusus dan mendetail. Pada akhirnya, dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa deiksis yang paling banyak ditemukan dari ketiga katalog-katalog tersebut adalah deiksis wacana.
English Abstract
Language is a tool to communicate to each other. Actually, communication is divided into two types, spoken or written. For written, people can communicate in written form. Usually, it can be found in newspaper, magazine, brochure, book, catalog, and others. However, since catalogs are as one of many ways or intermediaries to communicate between company and consumers, catalogs can be good object for this research. The writer focused on sentence produced by those catalogs. In this research, there are two problems study. Those are what types of deixis are used in Wardah cosmetics catalog text are, and what is the most dominant deixis used in Wardah cosmetic catalogs text is. This study used descriptive qualitative approach. It was included the form of analysis since the writer’s data were catalogs. In this study, the writer chose three Wardah cosmetic catalogs text were taken from Malang Town Square (Matos) since 4 to 7 January 2017. Then to reach the research objectives, the writer analyzed the data by using deixis theory of Yule (2006) and Levinson (1983) as the main theory of this research. Based on result of analysis, the writer found 357 expressions of all deixis types that occurred 131 expressions of person deixis (35.31%), 71 expressions of time deixis (16.17%), 25 expressions of place deixis (6.74%), 3 expressions of social deixis (0.81%), and 152 expressions of discourse deixis (40.97%) resulted by those three catalogs. For the next researchers who analyze the same research topic, the writer suggests to choose other objects to be analyzed for instance newspaper, magazine, book, novel, and etc. The next researchers are also suggested to use different theory of deixis and be more specific in analyzing the types of deixis. Finally, from this result, the writer concluded that the dominant deixis was discourse deixis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2017/530/051706611 |
Uncontrolled Keywords: | Deixis, Cosmetic Catalogs, Wardah, Discourse Deixis. |
Subjects: | 400 Language > 401 Philosophy and theory; international languages > 401.4 Communication; semantics, pragmatics, languages for special purposes > 401.41 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 11 Aug 2017 07:10 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 03:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1208 |
Text
Dian Novita Handayani.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |