Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) kincir air : upaya penyediaan energi listrik di pedesaan menuju desa mandiri energi.

Santoso, Hari and Siswoyo, Hari and Hasanah, Rini Nur (2009) Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) kincir air : upaya penyediaan energi listrik di pedesaan menuju desa mandiri energi. Project Report. Fakultas Teknik - Universitas Brawijaya, Malang. (Unpublished)

Abstract

Pusat listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) merupakan salah satu sarana penyediaan energi listrik di pedesaan dengan harga jual listrik yang sangat terjangkau karena sumber energi primernya (air) didapat secara cuma-cuma dan senantiasa tersedia sepanjang tahun/masa.pengalaman pembangunan jaringan listrik pada Program Listrik Pedesaan (PROLISDES) oleh Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) kabupaten Malang (2007) menunjukkan meskipun pemerintah kabupaten Malang telah membangun jaringan listrik PLN pada beberapa daerah yang belum berlistrik temyata pasang baru list* bagi capon pelanggan listrik PLN-nya tidak semudah yang dlbayangkan. hal yang terjadi adalah bahwa PT PLN (Persero) teryata tidak melayani pasang baru listrik untuk sambungan rumah dengan beban 450 VA, padahal beban inilah yang sangat banyak dibutuhkan di daerah pedesaan mengingat masyarakat di pedesaan hanya menggunakan listrik rata-rata hanya untuk penerangan saja yang apabila dihitung cukup memerlukan beban terpasang 450 VA. PLTMH yang saat ini sedang dibangun di dusun Tretes desa Bendosari memiliki kapasitas sebesar 3 kVA. saat ini ada sekitar 26 KK yang belum dapat menikmati listrik serta sangat mengharapkan adanya bantuan pasang baru listrik. dengan keberadaan PLTMH kincir air yang sekarang masih dalam tahap pembangunan tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan listrik pada 26 KK yang belum berlistrik tersebut. secara ekonomis juga dapat dikemukakan bahwa bila tarif beban dasar listrik PLN (TDL PLN) dibandingkan dengan tarif listrik mikrohidro (PLTMH) yang rata-rata sebesar Rp. 10.000.- s/d Rp. 12.500,- per pelanggan/bulan (untuk rata-rata pemakaian 150 VA yang terdid dari: 3 lampu untuk dalam rumah, 1 lampu untuk luar rumah dan 1 buah televisi/radio-tape), maka tarif listrik mikrohidro (PLTMH) tersebut tentunya jauh lebih murah .apabila dibandingkan tarif listrik PLN maupun harga bahan bakar minyak (semisal dipakai sebagai pengganti listrik penerangan).

English Abstract

-

Item Type: Monograph (Project Report)
Identification Number: PEN/333.793 2/SAN/p/2009/021000384
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.7 Land, recreational and wilderness areas, energy > 333.79 Energy > 333.793 Secondary from of energy > 333.793 2 Electrical energy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Users 20 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:13
Last Modified: 18 Sep 2018 04:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12063
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item