Komposisi serangga pengunjung bunga apel dan tetumbuhan liar di sekitarnya yang berpotensi meningkatkan produktivitas kebun apel.

Leksono, Amin Setyo and Yanuwiadi, Bagyo (2011) Komposisi serangga pengunjung bunga apel dan tetumbuhan liar di sekitarnya yang berpotensi meningkatkan produktivitas kebun apel. Project Report. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Universitas Brawijaya, Malang.

Abstract

Produksi apel di Malang'Raya mengalami penurunan kualitas dan kuantitas yang cukup signifikan. Usulan penelitian ini direncanakan berlangsung dua tahun. 'Pada tahun pertama tujuan dari penefitian ini membandingkan efisiensi penggunaan perangkap bejana berwana kuning dan biru, menganalisis perbedaan kelimpahan, keanekaragaman. komposisi serangga kanopi di dua lokasi yaitu di Kec. Poncokusumo, Kab, Malang dan Ke, Bumiaji, Kota Batu, mendeskripsikan jenis serangga yang mengunjungi pohon apel pada musim bunga dan non bunga dan mendeskripsikan hubungan Want komposisi serangga kanopi serta faktor lingkungan terhadap produksi kuallitas apel. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Bumiaji, Kota Batu dan Desa PonefOk-usumo, Kee, PonOlcuturno, Kabupaten Malang- Pencuplikan serangga kanopi dilakukan dengan metode perangkap .bejUna air. Masing-masing pencuplikan dilakukan empat kali setiap musim. Pengamatan pola kunjungan ,serangga polinator pada bunga apel dilakukan secara visual. Pengamatan visual ,di1akukan sebanyak empat periode setiap had' (dua kalif pagi hari, slang hari dan sore hari) dart dilakukan ulangan sebanyak empat hari pengamatan yang tidak berurutan. Sampel serangga diidentifikasi sampai tingkat famin atau genus jika memungkinkan 'dan dligrolongan, berdasar status fungsional. Kelimpahan dan keicayaan terseint dibandingkan antar lokasi, mush?' dan warn perangkap dengan -metode model linieT umum (general lihear .rhodeiY analisis variansi (analysis of variance) Hasil menunjukkan bahwa kelimpahan dan keanekaragaman serangga pengunjung pohon apel yang ditemukan di p-erangkap warria kuning iabih tinggi dibandingkan pada perangkap warna birm. Hal ini konsisten antara Kec. Poncokusumo clan Keic Bumiaji, Kota Batu. Di Kee. Poncokusumo seran,gga yang ten* ik dengan *ma *mitt tuning (4.39 ind dad 712), iDi Kec. Bumiaji serangga yang tercuplik dengan bejana warna tuning (287 ind dari 466). Terdew Nla variasi kunjungui yang berbe,da pada ritpat periode waktu pengarnatan. Kecenderungan yang ada agak berbeda &nun yang diamati di Kec. PoneokusumO dan di Kee. Bumiaji, Kota Batu. Di Poncokusumo tren puma& Icelimpaban dan divetsitas diamatf path pukui 09.00-10.15; sedangkan di Kec. Bumiaji -pengamatan pada pagi hari jam 07.00-08.15 eenderung lebih tinggi. Kelimpahan clan keanekaragaman serangga pengunjung apel yang diamati N-da pagi hari cenderung lebth tinggi dibandingkanpada siang drn•ore hari. Kornposisi serangga polinator pada pengamatan visual jaith lebih tinggi. dibandingkati .cferqgan pencuplikan menggunakan perangkap.

English Abstract

-

Item Type: Monograph (Project Report)
Identification Number: PEN/634.119 7/LEK/k/2011/021300060
Uncontrolled Keywords: APPLES-CANSPY INSECT, APPLES-INSECT DISERVITY
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 634 Orchards, fruits, forestry > 634.1 Pomaceous fruits > 634.11 Apples
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Users 20 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2018 08:35
Last Modified: 29 Dec 2021 01:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12021
[thumbnail of 021000410.pdf]
Preview
Text
021000410.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item