Peringatan dini daerah rawan longsor secara online dengan mengaplikasikan sensor curah hujan,kadar air tanah,dan getaran tanah.

Susilo, Adi (2009) Peringatan dini daerah rawan longsor secara online dengan mengaplikasikan sensor curah hujan,kadar air tanah,dan getaran tanah. Project Report. Fakultas MIPA - Universitas Brawijaya, Malang. (Unpublished)

Abstract

Longsoran adalah salah satu jenis bencana yang sering dijumpai di Indonesia. baik skala kecil maupun besar. upaya penanggulangan longsoran biasanya dilakukan setelah terjadi, meskipun gejala longsoran dapat diketahui sebelum kejadian. pengertian tanah longsor adalah runtuhnya tanah secara tiba-tiba atau pergerakan tanah atau bebatuan dalam jumlah besar secara atau berangsur yang umumnya terjadi di daerah terjal yang tidak stabil. faktor lain yang mempengaruhi terjadinya bencana ini adalah lereng yang gundul serta kondisi tanah dan bebatuan yang rapuh. Hujan deras adalah pemicu utama terjadirnya tanah longsor. tetapi tanah longsor dapat juga disebabkan oleh gempa atau aktifitas gunung api. ulah manusia pun bisa menjadi penyebab tanah longsor seperti penambangan tanah, pasir dan batu yang tidak terkendali. gangguan kestabilan lereng ini dikontrol oleh kondisi morfologi (terutama kemiringan lereng), kondisi batuan atupun tanah penyusun lereng dan kondisi hidrologi atau tata air pada lereng (Hartien and Viborg, 1998,- Susilo,2009). besarnya kerugian akibat peristiwa tanah longsor yang berlangsung secara tibah-tiba sangatlah besar, baik harta benda maupun jiwa.kerugian ini sebenarnya dapat ditekan (diminimalisasi) apabila kondisi akan terjadinya peristiwa tanah longsor dapat diketahui sedini mungkin, sehingga dengan segera dapat diberikan peringatan akan adanya bahaya longsor pada masyarakat sekitar lokasi. dengan demikian masyarakat mempunyai waku yang cukup untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu. untuk maksud tersebut diatas, dalam penelitian kali ini akan dibuat suatu perangkat elektronik yang berfungsi sebagai peringatan dini secara online adanya kejadian tanah longsor. perangkat elektronik ini tersusun atas modul-modul sensor (yaitu sensor curah hujan, kadar air tanah, dan getaran tanah), modul akuisisi data dan logger, serta modal komunikasi data online. penelitian ini direncanakan selesai dalam 3 tahap (tahun). untuk tahun pertama akan dilakukan desain dan pengembangan sensor, pengembangan sistem akuisisi data dan logger, serta aplikasi laboratorium. untuk tahun kedua akan dilakukan penyesesuaian dan pengembangan sistem untuk aplikasi lapangan, dan pada tahun ketiga akan dilakukan pengembangan sistem online dan evaluasinya.

English Abstract

-

Item Type: Monograph (Project Report)
Identification Number: PEN/551.307 028 5/SUS/p/2009/021000457
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 551 Geology, hydrology, meteorology > 551.3 Surface and exogenous processes and their agents
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 Sep 2018 07:26
Last Modified: 17 Jun 2022 01:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12012
[thumbnail of 021000457-ok.pdf] Text
021000457-ok.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item