Pengaruh Media Audio Dari Native Speaker Terhadap Peningkatan Kemampuan Pelafalan Sokuon (Konsonan Rangkap) Siswa Kelas X MIPA 5A2.

Elmalies, Yashinta Chandrani (2017) Pengaruh Media Audio Dari Native Speaker Terhadap Peningkatan Kemampuan Pelafalan Sokuon (Konsonan Rangkap) Siswa Kelas X MIPA 5A2. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilakukan di SMA Negeri 10 Malang. Penelitian ini didasari pada pengamatan peneliti saat melaksanakan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) mengenai pelafalan sokuon (konsonan rangkap) dimana siswa kelas X MIPA 5A2 sering melakukan kesalahan pada pelafalan sokuon (konsonan rangkap). Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk berlatih pelafalan sokuon dengan bunyi yang tepat. Peneliti merekam suara native speaker dari Jepang dan menjadikannya media pembelajaran sokuon dalam bentuk audio. Bunyi sokuon merupakan bunyi konsonan rangkap atau tersumbat. Dalam huruf hiragana dilambangkan dengan huruf tsu (っ) ukuran kecil dan apabila ditulis dalam katakana dilambangkan dengan tsu kecil (ッ). Bunyi sokuon dapat menjadi sebuah silabel setelah bergabung dengan silabel yang ada sebelumnya dan sokuon dapat membentuk sebuah mora (tepukan bunyi). Untuk menentukan mora dalam bahasa Jepang, yang dijadikan acuannya yaitu jumlah ketukan dalam satu kata. Jenis penelitian ini adalah gabungan antara kuantitatif dan kualitatif dengan desain pra eksperiman dan tipe one group pretestand postest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5A2 dengan jumlah 35 siswa. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, peneliti membuat tes (pretest dan postest) yang terdiri dari 8 kosakata bunyi sokuon. Untuk menjawab rumusan masalah yang kedua, peneliti membagikan kuesioner untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai penggunaan media audio dari native speaker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentasi total pelafalan yang benar dari hasil pretest seluruh siswa adalah 65,7% dan hasil postest sebesar 94%. Kemudian melalui uji signifikansi diperoleh hasil tidak signifikan. Hal ini membuktikan bahwa media audio dari native speaker berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pelafalan siswa sebesar 28,3% namun tidak signifikan. Selain itu, hasil perhitungan dari kuesioner diperoleh presentase sebesar 83,9% dimana menurut interval skor kuesioner, dapat disimpulkan bahwa adanya tanggapan positif dari siswa terhadap media audio dari native speaker.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/525/051706606
Uncontrolled Keywords: Media audio, Native speaker, Pelafalan Sokuon.
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Aug 2017 06:26
Last Modified: 06 Nov 2020 13:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1201
[thumbnail of YASHINTA CHANDRANI ELMALIES.pdf]
Preview
Text
YASHINTA CHANDRANI ELMALIES.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item