Respons Mahasiswa Terhadap Perubahan Kurikulum (Studi pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Negara Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang)

Hariyono, Bambang Santoso and -, Suwondo and Shaleh, Choirul and Muluk, Choirul (2001) Respons Mahasiswa Terhadap Perubahan Kurikulum (Studi pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Negara Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Project Report. Fakultas Ilmu Administrasi-Universitas Brawijaya, Malang. (Unpublished)

Abstract

Penelitian dengan judul respon mahasiswa terhadap perubahan kurikulum dilatar belakangi bahwa peningkatan kualitas manusia dalam pembangunan adalah sangat diperlukan. Perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan mempunyai kewajiban dan tanggap untuk dapat selalu mengimbangi kebutuhan dalam masyarakat. Sehingga perubahan kurikulum adalah sangat penting untuk dapat menyesuaikan perubahan-perubahan dalam masyarakat. Sehubungan dengan latar belakang dan permasalahan yang ada tujuan penelitian ini pada dasarnya adalah untuk mengetahui sejauh mana respon yang diberikan oleh para mahasiswa terhadap pemilihan bidang studinya dan sekaligus untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhinya. Untuk dapat memecahkan masalah yang ada maka diperlukan teorisasi tentang pemilihan bidang studi yang mengacu pada teori pemasaran, sehingga dari konsep-konsep yang ada dapat diturunkan variabel-variabel yang diteliti seperti kelas sosial, kelompok referensi dan kelompok sosial yang mempengaruhi respon mahasiswa. Untuk mengetahui dan mendiskripsikan efektifitas kurikulum yang sudah berlangsung. Untuk mengetahui mata kuliah-mata kuliah yang memungkinkan untuk digabung. Untuk mengetahui kendala-kendala mahasiswa dalam memprogram studinya dengan kurikulum yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya para mahasiswa mempunyai respon yang baik terhadap perubahan kurikulum namun demikian masih dijumpai adanya sedikit respon yang kurang baik. Hal ini dapat dipahami sebagai suatu program yang baru tentu akan dihadapkan beberapa benturan yang sifatnya adalah untuk lebih memperlancar proses belajar mengajar. Dari penelitian ini telah ditemukan pula bahwa variabel yang berpengaruh terhadap respon adalah variabel kelas sosial meskipun pengaruh adalah negatif.

English Abstract

-

Item Type: Monograph (Project Report)
Identification Number: PEN/375.006/RES/r/2001/020800309
Uncontrolled Keywords: CURICULLUM CHANGE.
Subjects: 300 Social sciences > 375 Curricula > 375.006 Evaluation and change
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Users 20 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2018 06:41
Last Modified: 14 Sep 2018 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12006
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item