Analisis Potensi Bisnis UKM Jawa Timur dalam Rangka Menghadapi Integrasi Pasar ASEAN

Maski, Ghozali and R, Perdana and Hamidah, Siti and Kusumaningrum, Adi and Basuki, Ananto (2007) Analisis Potensi Bisnis UKM Jawa Timur dalam Rangka Menghadapi Integrasi Pasar ASEAN. Project Report. Pusat Kajian dan Riset Perbankan Daerah - Universitas Brawijaya, Malang. (Unpublished)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ASEAN Economic Community (AEC) yang merupakan realisasi dari integrasi ekonomi. AEC diharapkan meningkatkan daya saing, memperbaiki iklim investasi dan memperkecil kesenjangan pembangunan di antara negara ASEAN melalui terciptanya pasar dan basis produksi tunggal melalui pergerakan barang, jasa dan investasi, tenaga kerja serta modal yang lebih besar. Kesepakatan tersebut disamping menimbulkan dampak positif yakni, minculnya berbagai peluang usaha baru, dan juga banyaknya pilihan produk yang dapat dibeli oleh konsumen. Berdasarkan data Dinas Informasi dan Komunikasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, beberapa komoditas unggulan Jawa Timur meliputi beras, gula, kopi, tembakau, coklat dan karet, kayu jati dan peternakan, hasil perkapalan, semen, besi/baja, pupuk petrokimia, elektronik, pharmasi dan peralatan mesin, dimana komoditas ini akan mengalami percepatan integrasi di pasar ASEAN pada tahun 2015. Pemerintah Indonesia perlu mendorong pelaku bisnis unggulan di pasar domestik untuk berbisnis di kancah regional , tidak terkecuali bagi Usaha Kecil Menengah (UKM). Berkenaan dengan kondisi obyektif UKM yang berada di Jawa Timur khususnya dalam rangka menyambut integrasi ASEAN, maka studi ini akan meneliti tentang potensi bisnis dan daya saing, serta hambatan produk UKM Jawa Timur dalam rangka menghadapi integrasi ASEAN, serta memberikan rekomendasi kepada Pemerintah dan perbankan di Jawa Timur. Penelitian dilaksanakan di Jawa Timur pada 5 kota/kab, yaitu dari Sidoarjo, Pasuruan, Kabupaten Malang, Kota Malang dan Batu. Dalam studi ini, UKM tidak dipandang dalam suatu organisasi usaha tertentu dalam suatu sektor, tetapi adalah seluruh UKM dalam sektor tersebut . objek penelitian ini adalah kumpulan pengusaha yang tergolong kepada UKM-UKM berikut ini: (1) UKM Sari Apel, (2) UKM Madu, (3) UKM Keripik Tempe, (4) UKM Keramik, (5) UKM Bordir, (6) UKM Kerajinan Kulit Fashion, (7) UKM Pertambakan Udang Windu, (8) UKM Keripik Buah, (9) UKM Sepatu Olah Raga dan Bola, (10) UKM Logam Umum, (11) UKM Logam Industri dan (12) UKM Logam Otomotif. Metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif yakni perpaduan metode berfikir induktif dan deduktif. Analisis Strategi juga dilakukan meliputi: (1) Analisis Lingkungan Eksternal, (2) Analisis Faktor Internal, (3) Analisis Profil Kompetisi dan (4) Analisis SWOT. Dari hasil pengukuran SWOT dan posisi strategis produk menunjukkan sebagian besar UKM di Jawa Timur mempunyai posisi Hold and Maintain, dimana harus berupaya menjaga pasar yang telah ada sebaik mungkin. Peluang untuk memperluas pasar dimiliki 2 UKM yaitu UKM Bordir dan Keramik. Berdasarkan sisi manajerial kelemahan UKM adalah pada penguasaan manajemen modern dan teknologi produksi, selain itu juga dalam bidang teknologi, terutama teknologi produksi serta manajerial yang masih tradisional. Kekuatan UKM produk unggulan adalah pada desain, cita rasa dan bahan baku. Menghadapi kenyataan ini, UKM Jawa Timur harus menyadari bahwa sebagian besar kelemahan produk yang dihasilkannya adalah teknologi. Apabila pasar terintegrasi ASEAN telah dibuka, maka kelemahan dalam teknologi harus ditutupi. Untuk itu perlu perhatian dari berbagai kalangan untuk memperkuat UKM dari sisi teknologi dan manajemen. Rekomendasi yang dapat diberikan kepada Pemerintah dan kalangan perbankan di Jawa Timur untuk memberikan dukungan dan perlindungan bagi UKM dalam rangka menghadapi integrasi ASEAN antara lain adalah berkaitan dengan HAKI, standarisasi, penyederhanaan birokrasi, optimalisasi kerjasama dan pembiayaan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Identification Number: PEN/338.642/MAS/a/2007/021000290
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 13 Sep 2018 07:32
Last Modified: 14 Sep 2018 02:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11976
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item