Ekspresi protein lamun (seagrass) terhadap pencemaran logam berat timbal (Pb) di perairan pesisir utara Jawa timur.

Herawati, Endang Yuli and -, Aulanni'am (2009) Ekspresi protein lamun (seagrass) terhadap pencemaran logam berat timbal (Pb) di perairan pesisir utara Jawa timur. Project Report. Universitas Brawijaya, Malang. (Unpublished)

Abstract

Resiko polusi lingkungan ion logam berat Pb karena toxisitas serta menyebabkan kelumpuhan dan akumulasi dalam biota, maka diperlukan monitoring konsentrasi logam berat dalam lingkungan. analisi kandungan logam berat dalam sedimen dan air banyak dilakukan namun dalam tumbuhan lamun masih sangat sedikit dilakukan. tujuan 1). mengetahui kandungan Pb pada akar, seludang dan daun lamun, sedimen dan air dari lokasi yang berbeda 2). menentukan tingkat pencemaran perairan pesisir utara jawa timur berdasarkan kandungan logam berat Pb; 3). mengetahui dan menentukan profit protein bagian - bagian tumbuhan lamun yang terkontaminasi Pb. materi penelitian komunitas lamun di perairan pesisir Paciran kabupaten Lamongan (tercemar) dan pesisir Lempuyang kabupaten Situbondo (tidak tercemar) Jawa timur. tiap lokasi ada 9 sub stasiun : 3 stasiun (tataguna lahan) dan 3 sub stasiun/stasiun. mengukur kandungan Pb pada bagian-bagian lamun (akar, seludang dan daun); sedimen dan air dilakukan pada bulan Mei — November 2009.metode penelitian dilakukan dengan pre-studi dan pemantauan, dengan 2 tahapan tahap 1 metode survei dan observasi langsung, kemampuan penyerapan tumbuhan lamun terhadap logam berat Pb.

English Abstract

-

Item Type: Monograph (Project Report)
Identification Number: PEN/577.627/HER/e/2009/021000411
Uncontrolled Keywords: Lamun, Logam berat Pb, AQUATIC PLANTS - EFFECT OF WATER POLLUTION ON, LEAD - TOXICOLOGY, SEAGRASSES
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.6 Aquatic ecology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Users 20 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2018 06:55
Last Modified: 13 Sep 2018 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11965
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item