Aplikasi Teknologi Inseminasi Buatan Ternak Kambing Dengan Bibit Unggul Kambing Boer Di Desa Pager Rejo, Lorog, Kabupaten Pacitan

Nuryadi, - and Budiarto, Agus and Nasich, Moch (2009) Aplikasi Teknologi Inseminasi Buatan Ternak Kambing Dengan Bibit Unggul Kambing Boer Di Desa Pager Rejo, Lorog, Kabupaten Pacitan. Project Report. Fakultas Peternakan - Universitas Brawijaya, Malang. (Unpublished)

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki prudukci daging dari kambing-kambig Lokal, memperhaiki ekonomi peternak khususnya peternak kambing dan memperdayakan adanya kelompok tani ternak di wilayah pedesaan. Diharapkan dari kegiatan ini dapat memacu minat para peternak dalam beternak kambing, mendapatkan penghasilan yang memadai sehingga dapat menurunkan tingkat urbanisasi. Metode yang digunakan dalam upaya ini ada1ah mela1ui metode pembelajaran, percontohan dan pelatihan terhadap perwakilan dari anggota kelompok ternak kambing yang mereka tunjuk, memberikan paket hantuan seperangkat perlengkapan untuk Inseminasi Buatan kambing, kandang dan induk kamhing Lokal yang telah bunting dari hasil perkawinan dengan kambing Boer. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah 1. Dua orang anggota kelompok ternak kamhing "ROJOKOYO" desa Pagerejo, Kecamatan Lorok telah dilatih dan mampu melaksanakan tugas sebagai Inseminator kambing dan dilengkapi dengan paket peralatan 1B kambing. 2. Pelaksanaan IB kambing secara serentak oleh anggota kelompok dengan hasil 40% bunting dalam perkawinan pertama 3. Tambahan dua unit kandang untuk pengembangan kambing kelompok. Dari kegiatan ini, maka dapat disimpulkan hahwa: I. dua orang anggota kelompok tani ternak kambing "Rojokoyo" mampu mengawinkan kambing secara buatan (IB) dan dapat menghasilkan kebuntingan; 2. Duni 3 ekor induk kambing Lokal bunting yang diperbantukan, 2 ekor telah melahirkan anak kembar dengan rata-rata berat lahir 2,97 kg dan rata-rata PBB sampai umur 20 hari adalah 105 gr/ekor/hr 3. Dari kandang yang diperbantukan sebagai kandang kelompok ternak "Rojokoyo", maka telah dimanfaatkan untuk induk-induk yang sedang menyusui.

English Abstract

-

Item Type: Monograph (Project Report)
Identification Number: PEN/636.082 45/NUR/a/2009/021000389
Uncontrolled Keywords: Kambing Persilangan Boer, IB kambing
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.08 Specific topics in animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 13 Sep 2018 06:26
Last Modified: 16 Jun 2022 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11958
[thumbnail of 021000389-ok.pdf] Text
021000389-ok.pdf

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item