Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Perhubungan Kota Malang)

Fadhillah, Ivan (2016) Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Perhubungan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan merupakan tugas utama yang hakiki dari sosok aparatur negara, sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Pemberian pelayanan yang memenuhi standar yang telah ditetapkan memang menjadi bagian yang perlu dicermati. Saat ini masih sering dirasakan bahwa kualitas pelayanan minimum sekalipun masih jauh dari harapan masyarakat. Maka dari itu perlu serangkaian pelatihan dan pendidikan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keahlian khusus untuk peningkatan kualitas kepada masyarakat. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan (Y) pada Dinas Perhubungan Kota Malang. Dalam penelitian ini peniliti menggunakan jenis penilitian kuantitatif dengan sifat deskriptif explanatory research dimana peneliti menjelaskan hubungan kausal sebab akibat antara variable-variabel kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan di Dinas Perhubungan Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa kinerja pegawai sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pelayanan. Selain itu dapat diketahui bahwa terdapat beberapa variabel yaitu terdiri dari kualitas pekerjaan (X1), kuantitas pekerjaan (X2), sikap dan kehandalan (X3). Berkaitan dengan hal tersebut beberapa alat analisis yang digunakan yaitu melalui uji deskriptif dan uji hipotesis. Variabel tersebut terbukti baik secara simultan dan secara parsial berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pelayanan. Oleh karena itu guna untuk meningkatkan kualitas pelayanan Dishub Kota Malang sebaiknya lebih memperhatikan dari tiga aspek diatas sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang baik dan menciptakan pelayanan yang prima. Saran dari peneliti adalah dilakukannya pengawasan, evaluasi kinerja yang diperketat dan di adakannya layanan pengaduan masyarakat serta perbaikan sarana dan prasarana karena dapat mendukung proses kinerja pegawai dalam aspek kuantitas pekerjaan yang menuntut adanya kecepatan dan ketepatan kerja sehingga pemberian pelayanan lebih maksimal.

English Abstract

Service is the main task of the State apparatus, as a servant of the State and public servant. Providing services that meet established standards is definitely a noteworthy part here considering the existing services from the government are still often perceived unsatisfying by the society. Therefore, the author feels there sould be a series of training and education that aims to provide insight and expertise to improve the service quality to the community. This research goal includes the assessment of work quality (X1), work quantity (X2), and attitude and skils (X3), towards the service quality improvement (Y) in the Department of Transportation of Malang. The author utilizes quantitative research with descriptive explanatory where the author tries to explain comprehensively the cause and effect between the work performance variables and the Departements service quality. According to the result of the research, the labor work performance is proven very influential on the service quality improvement. In addition, work quality (X1), work quantity (X2), as well as attitude and skils (X3) apperently have a strong bond with the peoples satisfaction and contentment. Thus the Department of Transportation of Malang is encouraged to pay more attentions to these three aspects to lift up their full potential in giving services to the society . Additionally, there needs to be an enhancement in the field of supervison, work evaluation, facilities, and infrastructure to keep up with the pace of the demanding, smart society

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/757/ 051609471
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 30 Sep 2016 09:47
Last Modified: 30 Sep 2016 09:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119115
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item