Implementasi Layanan Terpadu Satu Pintu (Ltsp) Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (Studi Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Ntb)

Budiargo, RyanCahyo (2016) Implementasi Layanan Terpadu Satu Pintu (Ltsp) Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (Studi Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Ntb). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap instansi pemerintah diwajibkan untuk memberikan pelayanan publik yang maksimal. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya suatu usaha pemerintah yang dapat mewujudkan pelayanan yang terbaik. Begitupun pada Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) yang diselenggarakan oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dianggap menjadi suatu usaha yang dibuat untuk mewujudkan pelayanan publik yang maksimal kepada Tenaga Kerja Indonesia yang bermasalah dari Provinsi NTB tersebut. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang Implementasi Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat. Serta untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi LTSP di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan metode kualitatif. Pada analisis data penelitian ini menggunakan analisis data dari Suharsimi Arikunto yaitu suatu pendekatan praktek yang terdiri dari persiapan, tabulasi data, penerapan data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia pada Provinsi Nusa Tenggara Barat ini dinilai sudah cukup memberikan pelayanan yang lebih baik dari tahun tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari penelitian yang dilakukan menggunakan indikator bukti fisik (tangibles), keandalan (reability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empaty) sudah cukup baik dalam layanannya meskipun masih terdapat beberapa permasalahan sedikit didalamnya. Pada penelitian ini yang menjadi faktor pendukung adalah political will dan koordinasi antar pelaksana. Faktor penghambat pada penelitian ini adalah kurangnya penempatan layanan, keterbatasan anggaran, sumber daya manusia dan infrastruktur yang kurang memadai. Adapun saran agar implementasi LTSP lebih baik lagi adalah lebih menggunakan layanan satu pintu di beberapa layanan didalamnya. Dengan demikian akan dapat lebih meningkatkan layanan yang lebih maksimal kepada tenaga kerja Indonesia yang khususnya berasal dari Provinsi NTB.

English Abstract

Every government institution was required to maximize public service delivery. The government itself, therefore, was enforced to deliver public service in the best quality. One-Door Integrated Service (ODIS) that was organized by the government of Nusa Tenggara Barat (NTB) Province was reflecting the effort to produce or to maximize public service in relevance with administration of Indonesian Workers, especially who insisted on working abroad. Research was aimed to analyze and to describe the implementation of One-Door Integrated Service (ODIS) for the deployment and protection of Indonesian workers in Nusa Tenggara Barat Province. Research also examined the factors supporting and constraining the implementation of ODIS in Nusa Tenggara Barat Province. Type of research was descriptive study using qualitative method. Data analysis was using Suharsimi Arikunto’s method, and it was an approach comprising of data preparation, data tabulation, and data application. Result of research indicated that One-Door Integrated Service (ODIS) for the deployment and protection of Indonesian workers in Nusa Tenggara Barat Province was considered as giving better service if compared with previous research. Research was using several indicators such as tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy. Based on these indicators, the delivered service was quite good despite few problems. It was suggested that ODIS should be implemented better and one-door service could be applied to other services. It might help maximizing the service given to Indonesian workers from NTB Province.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/754/ 051609468
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 30 Sep 2016 15:41
Last Modified: 30 Sep 2016 15:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119112
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item