Marketing Politik Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Di Kabupaten Lamongan (Studi Pada Calon Independen Dan Calon Dari Partai Politik)

Anggraini, EvalinaSurya (2016) Marketing Politik Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Di Kabupaten Lamongan (Studi Pada Calon Independen Dan Calon Dari Partai Politik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang Marketing Politik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Lamongan. Permasalahan yang diangkat menyangkut Marketing Politik yang dilakukan calon independen dan calon dari partai politik serta efektivitas marketing politik yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat komparatif melalui pendekatan deskriptif, serta menggunakan teori partai politik, marketing politik, pemilihan Kepala Daerah dan calon independen. Fokus penelitian adalah melihat marketing politik dalam konsep 4Ps (product, promotion, price, place serta segmentasi) serta melihat seberapa jauh penerapan marketing politik berdasarkan konsep 4Ps yang dilakukan oleh calon independen dan calon dari partai politik pada Pilkada. Lokasi penelitian adalah Kabupaten Lamongan dengan situs penelitian adalah KPU dan Kantor Partai (Partai Demokrat, PKB dan PDI-P) serta tim sukses calon independen dan calon dari partai politik. Sumber data berasal dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data yang diperoleh dianalisa menggunakan model analisa data Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa marketing politik yang dilakukan calon independen dan calon dari partai politik dalam Pilkada di Kabupaten Lamongan menggunakan konsep 4Ps yang terdiri dari product, promotion, price, place serta segmentasi. Kendati demikian, baik pasangan independen maupun dari partai politik memiliki berbagai persamaan maupun perbedaan dalam menerapkan marketing politiknya. Pasangan calon dari partai politik dalam melaksanakan marketing politik jauh lebih efektif. Hal itu terlihat pada perolehan suara yang diperoleh. Pasangan calon independen sangat kurang memaksimalkan marketing politiknya.

English Abstract

This research talks about Political Marketing at Local Election in Lamongan Regency.The problems raised on political marketing by independent candidate and prospective from a political party and how far the effectiveness of political marketing done. This research in a qualitative with the is comparative descriptive, and use the theory political party, marketing political, local election and independent candidate.Focus research is seen in the concept of marketing political 4Ps (product, promotion, price, place and segmentation) and see how far the application of political marketing based on the concept of 4Ps done by independent candidate and prospective from a political party in the election.Research sites are Lamongan Regency with research site is the electoral commission and the (Demokratparty, PKB and PDI-P) and successful independent candidate and prospective from a political party .The data derived from sources primary and secondary data.Engineering data collection was carried out by means of interviews and documentation.While the data analysis use the model data analysis Miles and Huberman. This research result indicates that political marketing by independent candidate and prospective from a political party in the election in Lamongan Regency using the concept of 4Ps consisting of product, promotion, price, place and segmentation.Nevertheless, both couples independent or from a political party has a range of the equation and differences in applying marketing politics.Candidate couple of the political party in implementing political marketing much more effectively.It can be seen on the ballot of obtained .Independent candidate couple inadequate maximize marketing politics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/751/ 051609465
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 30 Sep 2016 16:22
Last Modified: 30 Sep 2016 16:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119109
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item