A`yun, Syarifatul (2016) Etika Administrasi Pegawai Dalam Pelayanan Kesehatan (Studi Tentang Pelayanan Pasien Di Puskesmas Kendalsari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Puskesmas Kendalsari merupakan salah satu tempat pelayanan kesehatan bagi masyarakat kecamatan lowokwaru kota Malang yang berusaha melayani dengan baik dalam segala kebutuhan perawatan yang meliputi pelayanan kuratif (pengobatan), preventif (upaya pencegahan), promotif (peningkatan kesehatan) dan rehabilitasi (pemulihan kesehatan) dengan harapan pasien yang memperoleh pelayanan kesehatan merasa terpuaskan. Petugas puskesmas perlu secara cermat menentukan kebutuhan masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan terutama mengenai etika pegawai dalam melayani pasien sebagai upaya untuk memenuhi keinginan dan meningkatkan kepuasan atas pelayanan yang diberikan. Penelitian ini mengkaji tentang etika administrasi pegawai dalam pelayanan kesehatan yang meliputi keramahan, komunikasi, profesionalisme, dan daya tanggap serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat etika administrasi pegawai dalam melayani pasien. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kendalsari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Puskesmas Kendalsari mampu memberikan etika pelayanan yang baik dari segi keramahan pegawai. Semakin ramah dan sopan sikap petugas ketika memberikan pelayanan maka semakin baik pula etika yang ditunjukkan. Dari segi komunikasi terbuka/transparansi masyarakat atau pasien diberikan kesempatan untuk mengetahui apa-apa yang terjadi dalam pelayanan di puskesmas, termasuk diantaranya peraturan atau prosedur yang akan atau telah diambil oleh petugas kesehatan. Daya tanggap/tingkat kecepatan penanganan pasien pertama berfokus pada pasien yang benar-benar darurat atau membutuhkan pertolongan cepat, kemudian ibu hamil, dan lansia. Bekerja Profesional secara kemampuan pegawai dinilai cukup baik namun tetap saja dalam hal kedisplinan dan ketepatan waktu masih terlihat kurang profesional. Beberapa faktor pendukung etika administrasi pegawai yaitu tingkat kesadaran pegawai, aturan yang mengacu pada ASN, serta organisasi yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat antara lain faktor lemahnya pengawasan, konsistensi dalam memberikan pelayanan serta komunikasi yang kurang efektif. Etika pegawai dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Kendasari perlu ditingkatkan agar pasien merasa terpuaskan dengan pelayanan yang diberikan.
English Abstract
Kendalsari Public Health Service is one of the health services for Lowokwaru District Community Malang that tried to serve well in every service needs that includes curative services (medication), prevention, promotion (health improvement) and rehabilitation (health recovery) with expectations that patients who receive the service will be satisfied. Public Health Service Personnel needs to carefully determine the needs of the community in terms of health service, especially about the ethics when the personnel is serving a patient in an effort to fulfill their wishes and improve satisfaction for the services that had been provided. This study reviewed the ethics of personnel administration in terms of health service which include hospitality, communication, professionalism, responsiveness and the factors that support and hinder the ethics of personnel administration in serving patients. This research used descriptive research with qualitative approach. The method used in this study was interview, observation and documentation. This research conducted in Kendalsari Public Health Service Lowokwaru District Malang. The results of this study indicated that Kendalsari Public Health Service was able to provide a good service ethics in terms of hospitality. The more friendly and courteous attitude of the personnel when providing services, the better the ethics shown. In terms of communication openness or transparency, the society or the patient had the opportunity to know anything that happened in service at the clinic, including regulations or procedures that would be or had been taken by the health personnel. Responsiveness or patient handling rate at first focused on patients who really need the help or needs fast service, then pregnant women, and the elderly. In terms of professionals working, the ability of the personnel was considered as good enough, but still only in terms of discipline and punctuality that still looked less professional. Some of the factors supporting of the ethics of personnel administration were the level of awareness of personnel, a rule which refers to ASN, and any organization that was conducive. Meanwhile, some of the inhibiting factors were weak supervision and consistency in providing communication services that was less effective. The ethics of personnel administration Kendalsari Public Health Service needs to be improved so that patients will be feel satisfied with the services provided.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/750/ 051609464 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 09:22 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 08:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119108 |
![]() |
Text
SYARIFATUL A’YUN.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |