Kualitas Pelayanan Publik Di Wilayah Kelurahan Kandangan Sebagai Penggabungan Dari Kelurahan Kandangan Dan Kelurahan Klakah Rejo, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya

Manalu, LoelisaLintangNazara (2016) Kualitas Pelayanan Publik Di Wilayah Kelurahan Kandangan Sebagai Penggabungan Dari Kelurahan Kandangan Dan Kelurahan Klakah Rejo, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas pelayanan publik di Kelurahan Klakah Rejo sebelum digabungkan sudah memadai karena kebutuhan pelayanan masyarakat terakomodasi dengan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang seimbang. Secara fisik bangunan kantor Kelurahan Klakah Rejo kurang nyaman digunakan dan sarana kesehatan juga minim. Berbeda dengan kualitas pelayanan publik di Kelurahan Kandangan tidak optimal karena kebutuhan pelayanan masyarakat kurang terakomodasi dengan jumlah SDM yang tudak mendukung. Namun secara fisik bangunan kantor Kelurahan Kandangan nyaman digunakan serta sarana pendidikan dan kesehatan terpenuhi dengan baik. Dengan beberapa kondisi tersebut, kedua kelurahan ini saling melengkapi jika digabungkan menjadi satu kelurahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat. Setelah Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2013 tentang Penggabungan Kelurahan diterbitkan maka Kelurahan Klakah Rejo dan Kelurahan Kandangan digabungkan menjadi Kelurahan Kandangan yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas pelayanan publik sebelum dan sesudah penggabungan Kelurahan Klakah Rejo dan Kelurahan Kandangan, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik di Kelurahan Kandangan yang baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan analisis data model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan publik di Kelurahan Kandangan setelah digabungkan sudah semakin optimal. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan publik di Kelurahan Kandangan adalah beberapa petugas masih kurang paham dalam mengoperasikan alat bantu pelayanan berbasis online yang disediakan, masyarakat masih kurang responsif, dan kondisi fisik lingkungan untuk mencapai kantor Kelurahan Kandangan masih buruk

English Abstract

The quality of public services in the Klakah Rejo village before the merger is already good enough because the needs of public services is accommodated by the number of Human Resources (HR) which is balanced. Physically, the building office of Klakah Rejo village is less convenient to use and the health facilities is also minimal. In contrast with the quality of public services in the Kandangan village which is not optimal because the needs of public services is inadequately accomodated by the number of human resources that is not supported. But physically, the building office of Kandangan village is convenient to use as well as the facilities of health and education which are properly fulfilled. With some of these conditions, the two villages will complementary if combined into one village to improve the quality of services for the public. After the Regional Regulation Number 12 Year 2013 about the Merger of Village published, then the Klakah Rejo village and Kandangan village are combined into the new ones of Kandangan village. This research is aims to know and describe the quality of public services before and after of the incorporation of the Klakah Rejo village and Kandangan village, and any factors that affect the quality of public services in Kandangan village which is new. This research used a qualitative approach to the type of descriptive research. Data collection techniques that use is by using observation, interview, and documentation. The analysis of the data used is by using descriptive analysis with using data analysis interactive model of Miles, Huberman, and Saldana. The results of this research showed that the quality of public services in the village of Kandangan has been more optimal after the merger. As for the factors that affect public services in Kandangan village are some officers still do not understand in operating tools based online service that is provided, the society is still less responsive, and physical environmental conditions to reach the village office of Kandangan is still bad.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/744/ 051609458
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 03 Oct 2016 11:26
Last Modified: 03 Oct 2016 11:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119101
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item