Prawagis, FebirizkiDamayanty (2016) Pengaruh Pemahaman atas Mekanisme Pemayaran Pajak, Persepsi Tarif Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM (Studi Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar di KPP Pratama. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemerintah Indonesia saat ini sedang melakukan pembangunan di berbagai bidang, oleh karena itu pemerintah memerlukan dana yang cukup banyak. Salah satu penerimaan negara yang memberikan sumbangan terbesar berasal dari sektor pajak. Untuk meningkatkan penerimaan negara dari sektor pajak, maka diperlukan wajib pajak yang patuh. Dengan patuhnya wajib pajak membayar pajaknya, penerimaan dari sektor pajak akan meningkat. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak khususnya sektor UMKM yaitu pemahaman atas mekanisme pembayaran pajak, persepsi tarif pajak dan sanksi pajak. Tujuan penelitian ini untuk melihat seberapa besar pengaruh Pemahaman atas Mekanisme Pembayaran Pajak (X1), Persepsi Tarif Pajak (X2) dan Sanksi Pajak (X3) terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode accidental sampling. Metode pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan menyebarkan kuisioner kepada wajib pajak UMKM yang terdaftar di KPP Pratama Batu. Selain itu data yang diperoleh berupa jumlah wajib pajak yang melakukan usaha mikro, kecil dan menengah yang diperoleh melalui dokumentasi pada KPP Pratama Batu. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software statistik SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemahaman Wajib Pajak, Persepsi Tarif Pajak dan Sanksi Pajak mempunyai pengaruh yang signifikan baik secara simultan maupun secara parsial. Saran yang dapat diberikan kepada KPP Pratama Batu yaitu untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada wajib pajak, ditingkatkan lagi sosialisasi yang dilakukan baik secara langsung atau tidak langsung. Secara tidak langsung dapat dengan memasang iklan dalam bentuk spanduk atau bisa juga melalui siaran radio.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/726/051609074 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 10:34 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 21:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119081 |
Preview |
Text
skripsi.pdf Download (14MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |