Bekti, UunMeisa (2016) Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi pusat perhatian karena kontribusinya yang besar dalam pertumbuhan ekonomi. Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Malang dalam mengatasi permasalahan sosial pada masyarakat, melalui Dinas Koperasi dan UMKM salah satunya dengan pemberdayaan Industri Opak di Desa Jambangan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pemberdayaan UMKM Produksi Opak di Desa Jambangan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Faktorfaktor pendukung dan penghambat yang ditemui dalam strategi pemberdayaan opak. Penelitian ini menggunakan teori Administrasi Publik, Pembangunan, Strategi Pemberdayaan Koperasi dan UMKM, dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode analisis dari Milles Hubberman. Berdasarkan hasil penelitian, penulis membahas fokus penelitian tentang strategi pemberdayaan UMKM produksi opak di Desa Jambangan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang meliputi (1) melalui Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian diharapkan mampu untuk menumbuhkan iklim usaha pada industri opak di Desa Jambangan, (2) pengembangkan hasil produksi agar dapat berkembang pesat dan mampu bersaing dengan produk-produk lainnya, (3) dengan pembiayaan dan penjaminan dari pemerintah diharapkan mampu membantu pengusaha opak dalam mendapatkan tambahan modal, dan (4) adanya kemitraan diharapkan dapat membantu memasarkan hasil produksi opak namun saat ini Kabupaten Malang masih menggunakan sistem konsinyasi. Yang menjadi faktor pendukung yaitu lokasi yang strategis dan bahan baku mudah di dapat, sedangkan faktor penghambat adalah rendahnya kualitas SDM, kurangngnya modal usaha, dan kesulitan dalam pemasaran. Beberapa saran yang dapat penulis sampaikan antara lain: Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) perlu melakukan pendampingan secara terus menerus untuk memfasilitasi UMKM yang belum mempunyai SIUP dan melakukan pendampingan dalam pengajuan proposal bagi UMKM yang ingin mendapatkan pembinaan dan pelatihan. Perlu adanya kerja sama antara Usaha Mikro, Kecil Menengah dengan Usaha Besar. Serta perlunya melibatkan stakeholder lainnya dalam pemberdayaan UMKM di Kabupaten Malang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/71/051602356 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Indah Nurul Afifah |
Date Deposited: | 06 Apr 2016 10:14 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 15:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119063 |
Preview |
Text
PDF_SKRIPSI_MEME.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |