Pemberdayaan Anak Jalanan Melalui Program Pendidikan Kerohanian (Studi pada Rumah Singgah Matahari Kota Surabaya).

Maria, VindaEka (2016) Pemberdayaan Anak Jalanan Melalui Program Pendidikan Kerohanian (Studi pada Rumah Singgah Matahari Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan bermula dari jumlah anak yang turun ke jalan untuk mencari nafkah dari hari ke hari terus menunjukkan kenaikan. Jika hal itu terus dibiarkan berlangsung, maka Indonesia khususnya di Surabaya tidak akan melahirkan sumber daya manusia yang bisa diandalkan terlebih jika harus bersaing di era global. Pemerintah belum juga menjadikan permasalahan anak jalanan sebagai masalah yang diperioritaskan. Pemberdayaan merupakan salah satu langkah menuju arah yang lebih baik dimana memberikan atau membuat suatu perubahan masyarakat yang tidak berdaya menjadi berdaya dan mempunyai kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis pemberdayaan anak jalanan melalui program pendidikan kerohanian di Rumah Singgah Matahari. Wawancara dilakukan dengan Pegawai Dinas Sosial Kota Surabaya, Kepala Rumah Singgah Matahari, Pekerja sosial rumah singgah matahari, anak jalanan di Rumah Singgah Matahari dan masyarakat sekitar. Dalam menganalisis data penelitian, peneliti mengacu pada Miles, Huberman, dan Saldana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dihasilkan kesimpulan bahwa pemberdayaan anak jalanan mengacu pada materi dan kurikulum program pendidikan kerohanian, peran pelaksanaan program pendidikan kerohanian, proses pemberdayaan program kerohanian, dan hasil dari program pendidikan kerohanian. Kemudian yang menjadi faktor pendukung yaitu semangat dari pekerja sosial, sarana dan prasarana, dan dukungan kelompok dan komunitas lain. Faktor penghambat yaitu perilaku anak jalanan, pola pikir anak jalanan, dan kurangnya dana operasional. Saran dari peneliti adalah perlunya pemahaman lebih mendalam terkait Pemberdayaan anak jalanan melalui program pendidikan kerohanian di Rumah Singgah Matahari. Sangat disarankan bagi para pekerja sosial untuk lebih mengedepankan pengajaran ala teknik home schooling, karena teknik pengajaran tersebut lebih tepat pada tataran praktis dan lebih mudah dimengerti untuk anak jalanan. Dinas Sosial dapat senantiasa menjadi pendukung utama dengan memperhatikan dan memberikan sumbangsih secara material dan non material pada Rumah Singgah Matahari di Kecamatan Krembangan Kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/701/051609049
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Oct 2016 11:24
Last Modified: 18 Oct 2021 14:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119054
[thumbnail of vindaSkripsi_FULL.pdf]
Preview
Text
vindaSkripsi_FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item