Analisis Kebijakan Sistem Kredit Semester (SKS) di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (Studi pada Prosedur Penyusunan Kartu Rencana Studi),

Selliana, Mei (2016) Analisis Kebijakan Sistem Kredit Semester (SKS) di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (Studi pada Prosedur Penyusunan Kartu Rencana Studi),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kartu Rencana Studi atau lebih dikenal dengan sebutan KRS, adalah kartu yang berisi daftar mata kuliah yang akan diikuti oleh setiap mahasiswa dalam satu semester. Dengan dipegangnya kartu ini, maka mahasiswa dianggap sah untuk mengikuti perkuliahan yang dijadwalkan oleh mereka sendiri. Pada Fakultas Ilmu Administrasi sendiri, sudah dijelaskan secara rinci prosedur penyusunan Kartu Rencana Studi (KRS) bagi mahasiswa sarjana. Namun dari rangkaian kegiatan yang dijelaskan dalam prosedur, peneliti melihat adanya beberapa proses yang kurang mengarah pada prinsip ekonomis, efektif dan efisien. Sebut saja diantaranya adalah verifikasi data cetak KRS ke Dosen Pembimbing Akademik yang dirasa kurang tepat dalam timming, serta pengisian jadwal online yang susah karena sistem dijalankan oleh ribuan mahasiswa secara berbarengan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang merupakan salah satu Fakultas yang menerapkan Kartu Rencana Studi (KRS) secara online. Hasil penelitian menunjukkan Kebijakan Sistem Kredit Semester (SKS) dalam hal pemrograman Kartu Rencana Studi (KRS) secara online kurang optimal. Masalah yang dihadapi mahasiswa dalam hal pemrograman Kartu Rencana Studi (KRS) dalam hal verifikasi kepada dosen Pembimbing Akademik dilaksanakan pada saat waktu libur kuliah. Oleh karena itu perlu adanya Analisis dalam hal Kebijakan tersebut permasalahan yang terjadi pada prosedur penyusunan Kartu Rencana Studi (KRS) di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Hal ini menyebabkan mahasiswa harus kembali ke malang pada saat bertepatan dengan libur semester kuliah. Mahasiswa mengeluhkan bahwa hal tersebut kurang efektif dan efisien karena dapat menambah biaya. Namun, mahasiswa di Fakultas Ilmu Administrasi tersebut tetap melaksanakan prosedur yang telah ditetapkan oleh fakultas karena hal tersebut sudah merupakan kebijakan yang secara tetap harus di lakukan oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/699/051609047
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Oct 2016 11:08
Last Modified: 04 Oct 2016 11:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119050
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item