Pemberdayaan Ekonomi Melalui Pelatihan Keterampilan (Studi Pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana Kota Surabaya dan Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan),

Dumilah, PuspitaGya (2016) Pemberdayaan Ekonomi Melalui Pelatihan Keterampilan (Studi Pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana Kota Surabaya dan Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemberdayaan Ekonomi melalui Pelatihan Keterampilan di Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya, ditujukan untuk mengembangkan kemampuan teknis produksi warga Kota Surabaya yang terdaftar dalam keluarga miskin yang nantinya akan tergabung dalam Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) sebagai bentuk upaya penanggulangan kemiskinan di Kota Surabaya. Berdasarkan alasan tersebut, perlu diperhatikannya proses serta faktor pendukung dan penghambatnya, agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan, dan menganalisis Pemberdayaan Ekonomi melalui Pelatihan Keterampilan di Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya, dan faktor pendukung dan penghambat Pemberdayaan Ekonomi melalui Pelatihan Keterampilan di Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan fokus penelitian yaitu (1) Pemberdayaan Ekonomi melalui Pelatihan Keterampilan di Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya meliputi: proses dan aktor yang terlibat dalam Pemberdayaan Ekonomi melalui Pelatihan Keterampilan di Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya; (2) faktor pendukung dan penghambat Pemberdayaan Ekonomi melalui Pelatihan Keterampilan di Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya meliputi: internal dan eksternal. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana, adapun tahapannya yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses Pemberdayaan Ekonomi melalui Pelatihan Keterampilan di Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya hingga tahun 2016 sudah dapat dikatakan cukup baik, hal tersebut dapat terlihat dimana sudah adanya tahap penyadaran, tahap pengkapasitasan, dan tahap pendayaan, Hanya saja belum dikatakan efektif dikarenakan adanya beberapa faktor penghambat yakni kurangnya waktu pendampingan, masih rendahnya minat laki-laki, sulitnya bagi KSM dalam memasarkan produk dan bersaing dengan produk yang sudah ada dipasaran hingga sulitnya merubah mind-set peserta latih menjadi wirausaha. Sedangkan faktor pendukungnya antara lain adanya koordinasi yang baik antar aktor pelaksana, adanya kemitraan yang baik dengan pihak swasta, dan minat masyarakat yang cukup banyak pada saat pelatihan. Saran yang diberikan yakni perlu dilakukannya updating database peserta latih, peningkatan variasi bahan pelatihan sesuai dengan kondisi pasar, adanya penambahan materi dan jenis pelatihan yang disesuaikan dengan kondisi pasar dan minat masyarakat, adanya tambahan waktu pendampingan, dan adanya pemberian motivasi dan ilmu terkait entrepreneurship sebelum diusulkan calon peserta latih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/696/051609044
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Nov 2016 10:40
Last Modified: 18 Oct 2021 14:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119047
[thumbnail of PUSPITA_GYA_DUMILAH.pdf]
Preview
Text
PUSPITA_GYA_DUMILAH.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item