Implementasi Presensi Online dalam Meningkatkan Disiplin Pegawai di Lingkungan Block Office (BO) Kota Batu (Studi di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Batu)

Hidayati, Luluk (2016) Implementasi Presensi Online dalam Meningkatkan Disiplin Pegawai di Lingkungan Block Office (BO) Kota Batu (Studi di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan di Pemerintah Kota Batu yang berkaitan dengan pegawai negeri sipil salah satunya adalah rendahnya tingkat kedisiplinan pegawai. Upaya yang dilakukan pemerintah dengan menerapkan presensi online yang di rumuskan dalam Perwali Kota Batu No.45 tahun 2014 tentang pedoman pelaksanaan absensi sidik jari. Pemerintah menerapkan presensi online bertujuan untuk mendapatkan akuratnya data dari daftar kehadiran pegawai. Absensi sidik jari tersebut dianggap tidak efektif, maka pemerintah dalam hal ini menggantian absensi sidik jari dengan absensi retina mata. Berdasarkan pemahaman diatas penelitian ini mendilogkan permasalahan yang ada dilapangan dengan menggunakan teori adminitrasi publik, electronic government, kebijakan publik, administrasi kepegawaian, disiplin pegawai, dan presensi. peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian berada di Kota Batu dengan situs di Badan Kepegawaian Daerah. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Model analisis data yang didunakan adalah model analisis Miles Hubermen, yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pelaksanaan presensi online dibutuhkan infrastruktur dan jaringan intra net. Infrastruktur tersebut berupa alat presensi yang disediakan di setiap kantor SKPD. Penelitian ini menggunakan model implementasi dari Edward III yang terdiri dari komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Model implementasi tersebut dapat mengetahui bahwa presensi online dapat meningkatkan disiplin pegawai. Disiplin kerja menurut Alfred dapat diukur dengan tiga indikator yaitu disiplin waktu, disiplin peraturan dan berpakaian, serta disiplin tanggung jawab kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi presensi online masih belum meningkatkan disiplin pegawai. Masih banyak pegawai yang belum mentaati peraturan. Pegawai datang terlambat dan pulang sebelumnya. Penelitian ini merekomendasikan peninjauan kembali mengenai sanksi yang diberikan kepada pelanggar, karena sanksi yang diberikan terlalu ringan dan mengizinkan pegawai untuk datang terlambat dan pulang sebelum waktunya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/688/051609036
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Oct 2016 15:51
Last Modified: 18 Oct 2021 14:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119038
[thumbnail of Skripsi_LULUK_HIDAYATI_2x.pdf]
Preview
Text
Skripsi_LULUK_HIDAYATI_2x.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item