Implementasi E-Government melalui E-Health dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Bidang Kesehatan (Studi pada Dinas Kesehatan Kota Surabaya dan Puskesmas Jagir Surabaya),

Setyowati, Indah (2016) Implementasi E-Government melalui E-Health dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Bidang Kesehatan (Studi pada Dinas Kesehatan Kota Surabaya dan Puskesmas Jagir Surabaya),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan perilaku dan pola pikir masyarakat sebagai dampak dari arus globalisasi membuat organisasi publik dituntut untuk mampu memenuhi kebutuhan masyarakat melalui berbagai inovasi yang diberikan. Pemerintah Kota Surabaya berawal dari tuntutan masyarakat yang menginginkan kemudahan untuk memperoleh akses layanan kesehatan berinisiatif untuk membangun sistem pendaftaran dan rujukan online melalui keterlibatan beberapa dinas dengan lintas sektor. E-Health merupakan aplikasi penyelenggaraan kesehatan milik Kota Surabaya yang dibangun dengan keterlibatan lintas sektor. Instansi yang dilibatkan dalam implementasi e-health adalah Dinas Kesehatan Kota Surabaya berperan sebagai leading sector dalam implementasi e-health, Dinkominfo berperan sebagai back-office penyedia jaringan internet, Dispendukcapil sebagai penyedia data kependudukan Kota Surabaya, dan Puskesmas sebagai sarana pelayanan kesehatan masyarakat tingkat dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis implementasi, faktor pendukung dan penghambat, serta dampak implementasi e-health dalam penyelenggaraan pelayanan publik di bidang kesehatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif, dimulai dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Implementasi e-health mendapat dukungan dari Walikota Surabaya dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya dengan ditunjang dukungan sumberdaya manusia, infrastruktur dan anggaran. Manfaat bagi masyarakat adalah memudahkan masyarakat melakukan pendaftaran ketika berobat baik di puskesmas maupun rumah sakit. Implementasi ehealth dipengaruhi oleh beberapa faktor berupa pendukung dan penghambat. Faktor pendukung implementasi program ini adalah dukungan kepemimpinan Walikota dan Kepala Dinas Kesehatan dan komitmen pegawai. Faktor penghambat implementasi program ini adalah penguasaan IT masyarakat dan kendala teknis operasional. Implementasi e-health dalam penyelenggaraan pelayanan membawa dampak positif dilihat dari indikator prosedur pelayanan, kemudahan akses dan waktu pelayanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/677/051609025
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Sep 2016 21:17
Last Modified: 18 Oct 2021 13:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119026
[thumbnail of SKRIPSI_INDAH_FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_INDAH_FULL.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item