Pengelolaan Rumah Susun Sederhana Sewa Buring 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (Studi di Unit Pelaksana Teknis Rusunawa Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan)

Sidabutar, MeiskeTiodora (2016) Pengelolaan Rumah Susun Sederhana Sewa Buring 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (Studi di Unit Pelaksana Teknis Rusunawa Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pengawasan Bangunan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan Rusunawa saat ini menjadi salah satu bentuk penyediaan hunian yang lagi bagi masyarakat terutama bagi mereka yang tinggal pada kawasan permukiman kumuh di perkotaan. Namun pembangunan Rusunawa masih menghadapi beberapa hambatan dalam pelaksanaannya terutama pada pengelolaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan Rusunawa Buring 1 Kec.Kedungkandang Kota Malang yang dilakukan oleh UPT Rusunawa Buring pada Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Pengawasan Bangunan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Fokus penelitian pada penelitian adalah 1. Pengelolaan Rusunawa Buring 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang; 2. Faktor Penghambat dan pendukung dalam pengelolaan Rusunawa Buring 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini dilakukan pada Unit Pelaksana Teknis Rusunawa Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Pengawasan Bangunan. Data yang digunakan diperoleh melalui hasil wawancara, observasi dan dokumen.Wawancara dilakukan dengan salah satu staf administrasi pada UPT Rusunawa Buring DPUPPB dan salah satu penghuni Rusunawa Buring 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan analisi data Miles and Huberman yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pengelolaan Rusunawa Buring 1 yang dilihat berdasarkan fungsi manajemen POSDCoRB yang dilakukan oleh UPT Rusunawa Buring Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Pengawasan Bangunan adalah bahwa pada bagian perencanaan pengelolaan terdapat hal-hal yang belum direncanakan dan direalisasikan. Sedangkan pengorganisasian, pengadaan tenaga kerja, pengarahan, dan koordinasi sudah sesuai dengan fungsi manajemen tersebut. Sementara itu, untuk fungsi penganggaran dan laporan keuangan peneliti tidak dapat menyimpulkan karena keterbatasan data yang diperoleh dari sumber data. Faktor pendukung dalam pengelolaan Rusunawa Buring 1 adalah koordinasi yang baik antar pihak pengelola dan perangkat daerah lainnya, tersedianya dana, pegawai yang memadai dan pelayanan terbaik yang diberikan oleh pihak pengelola. Faktor yang penghambat yaitu SDM penghuni yang rendah dan kondisi ekonomi penghuni yang rendah. Pemerintah perlu memaksimalkan pengelolaan Rusunawa Buring 1 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang secara berkelanjutan sehingga dapat vi benar-benar memberikan dampak positif bagi penyelesaian masalah permukiman kumuh di perkotaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/674/051609022
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Sep 2016 18:58
Last Modified: 18 Oct 2021 13:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119023
[thumbnail of SKRIPSI_Meiske.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_Meiske.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item