Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang,

Fatimah, KurniaIsti (2016) Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Merupakan suatu kewajiban bagi Pemerintah Pusat dan/atau Pemerintah Daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik yang baik dan profesional. Salah satu bentuk pelayanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah pelayanan kesehatan. Pemerintah terus melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan secara menyeluruh agar seluruh masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, setiap kecamatan dibangun instansi pemerintah guna memberikan pelayanan kesehatan yang disebut dengan Puskesmas. Termasuk Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang yang merupakan bentuk dari pelayanan kesehatan tingkat pertama yang didapatkan masyarakat. Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang berada dalam naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang. Peneliti memilih Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang karena mendapati masalah terkait dengan pelayanan kesehatan di Puskesmas tersebut. Oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui dan mendiskripsikan tentang upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Upaya tersebut meliputi peningkatan kemampuan petugas, peningkatan kedisiplinan, dan pengadaan sarana dan prasarana. Peneliti juga akan mendeskripsikan kualitas pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang serta mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi upaya peningkatan kualitas pelayanan di Puskesmas tersebut. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun fokus penelitian yaitu 1) Upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang, 2) Kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang, dan 3) Faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode analisis Miles Hubberman. Hasil pembahasan atas fokus dilakukan dengan teori yang digunakan pada tinjauan pustaka. Saran yang diajukan peneliti terkait dengan upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Karangploso Kabupaten Malang adalah penambahan jumlah petugas, memperbaiki tata ruang agar nyaman bagi petugas dan pasien, serta penambahan fasilitas baik medis-maupun non medis seperti papan alur pelayanan agar memudahkan pasien dan juga perlu diadakannya lokarya mini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/673/051609021
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Sep 2016 18:52
Last Modified: 18 Oct 2021 13:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119022
[thumbnail of SKRIPSI-KURNIA_ISTI_F-125030500111047-FIA_PEMERINTAHAN_ANGKT._2012.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI-KURNIA_ISTI_F-125030500111047-FIA_PEMERINTAHAN_ANGKT._2012.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item