Anggraeni, MarsellaWahyu (2016) Pelaksanaan Pelayanan KTP-el Kota Malang (Studi pada Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan publik dapat dikatakan sebagai kebutuhan setiap manusia. Bentuk pelayanan publik salah satunya yaitu pelayanan penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sekarang lebih dikenal dengan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). Penerbitan KTP-el saat ini dapat dilakukan di kelurahankelurahan. Peneliti memilih Kelurahan Purwodadi karena letak lokasi yang berada ditengah masyarakat elite dan perkampungan serta dapat melayani penerbitan KTP-el sekitar 100 pemohon setiap bulannya. Oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui dan mendiskripsikan tentang pelaksanaan pelayanan penerbitan KTPel yang dilakukan oleh Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Blimbing, Malang. Pelaksanaan tersebut meliputi tujuan dari KTP-el dan proses pelaksanaan pelayanan penerbitan KTP-el. Peneliti juga ingin mengetahui dan mendiskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pelayanan penerbitan KTP-el di Kelurahan Purwodadi. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun fokus penelitian yaitu 1) pelaksanaan pelayanan penerbitan KTP-el yang meliputi: tujuan ktp-el dan proses pelaksanaan teknis pelayanan penerbitan KTP-el berdasarkan prinsip-prinsip pelayanan publik yang terdapat dalam keputusan MENPAN nomor 63 tahun 2003 yaitu: kesederhanaan, kejelasan dan kepastian meliputi persyaratan teknis dan administratif; unit kerja/pejabat yang berwenang dan bertanggungjawab dalam memberikan pelayanan; dan rincian biaya, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggungjawab, kelengkapan sarana dan prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan, kesopanan, keramahan dan kenyamanan. 2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelayanan penerbitan KTP-el. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode analisis Miles Hubberman. Hasil pembahasan atas fokus dilakukan dengan teori yang digunakan pada tinjauan pustaka. Saran yang diajukan peneliti terkait dengan pelaksanaan pelayanan penerbitan KTP-el adalah peraturan secara jelas bahwa mengurus penerbitan KTP-el oleh yang bersangkutan, diadakan sosialisasi langsung tentang pentingnya memiliki KTP-el, pelatihan pegawai, ketersedian mesin fotokopi dan teknisi khusus yang tempatkan di kelurahan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/672/051609020 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 18:43 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 13:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119021 |
![]() |
Text
marsella_wahyu_anggraeni_(125030505111005).pdf Download (5MB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (31kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (13kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (3kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |