Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Dalam Rangka Meningkatkan Kesehatan Masyarakat (Studi Pada Puskesmas Arjuno Kota Malang),

Cahyo, PanduDwi (2016) Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Dalam Rangka Meningkatkan Kesehatan Masyarakat (Studi Pada Puskesmas Arjuno Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan pelayanan kesehatan di Kota Malang ditangani oleh Dinas Kesehatan. Dalam melakukan pelaksanaan pelayanan kesehatanyang diberikan kepada masyarakat Dinas Kesehatan Kota Malang melakukan upaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang diberikan, salah satunya melalui upaya peningkatan kualitas pelayanan di setiap Puskesmas yang tersebar di Kota Malang. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis (1) pelaksanaan pelayanan kesehatan (2) faktor penghambat melakukan pelaksanaan pelayanan kesehatan baik internal dan ekternal.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Analisis data menggunakan Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan kesehatan rawat jalan masih ditemui masalah yaitu saling penumpukan pasien sehingga sering terjadi kasus pasien terlantar. kerjasama internal yang dilakukan oleh Bidang keperawatan dan Bidang Kefarmasian yaitu saling bersinergi dan melengkapi dalam melaksanakan pelayanan kesehatan rawat jalan. Namun, pekerjaan yang dikerjakan masih belum sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.Masih terdapat penumpukan pasien yang terjadi sehingga menurunkan kualitas pelayanan.Dengan berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, Puskesmas Arjuno selaku pemberi layanan melakukan perbaikan dalam berbagai hal, salah satunya dengan memberlakukan daftar pasien secara elektronik. Selain perbaikan fasilitas, peningkatan pelayanan kesehatan dapat dilakukan dengan melakukan pendidikan dan pelatihan kepada para tenaga kesehatan guna meningkatkan kinerja dan kompetensi para tenaga kesehatan. diharapkan dengan adanya berbagai perbaikan, dapat meningkatkan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat sehingga pelayanan yang diberikan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat. Dengan adanya perbaikan kualitas pelayanan kesehatan tersebut diharapkan tidak terjadi penumpukan pasien atau pasien terlantar.Saran dari penelitian ini adalah peningkatan di berbagai bidang khusunya yang berkaitan langsung dengan pasien serta tetap menggunakan standar yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/670/051609018
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Sep 2016 18:35
Last Modified: 18 Oct 2021 13:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119019
[thumbnail of SKIPSI_PANDU_DWI_CAHYO.pdf]
Preview
Text
SKIPSI_PANDU_DWI_CAHYO.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item