Upaya Pemerintah dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Study Pada Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) & Masyarakat Kelurahan Lesanpuro

Ernawan, RizkyDeandra (2016) Upaya Pemerintah dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Study Pada Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) & Masyarakat Kelurahan Lesanpuro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Satuan Kerja Perangkat Daerah yang berperan dalam pengembangan UMKM di Kota Malang adalah Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM). Pengembangan UMKM di Kelurahan Lesanpuro melalui upaya optimalisasi perannya antara lain : penyelenggaraan pelatihan keterampilan, penyalur dana hibah pelatihan, fasilitator pelaksanaan pelatihan dan penggerakan partisipasi masyarakat. Jenis pelatihan keterampilan yang diselenggarakan diantaranya pembuatan tas, budidaya jamur, komputer dan kerajinan tangan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya BKBPM dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan Usaha Kecil Mikro Menengah di Kelurahan Lesanpuro Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam (indepth interview), dan dokumentasi. Fokus penelitian adalah upaya BKBPM dalam menanggulangi kemiskinan melalui pengembangan UMKM, hasil (Output)setelah dilakukan pelatihan keterampilan, faktor pendukung dan penghambat kegiatan dalam pengembangan UMKM di Kelurahan Lesanpuro Kota Malang. Hasil penelitian tentang upaya yang telah dilakukan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) Kota Malang melalui pengembangan UMKM di Kelurahan Lesanpuro adalah optimalisasi peran BKBPM diantaranya penyelenggaraan pelatihan keterampilan, penyaluran dana hibah untuk pelatihan, fasilitator pelaksanaan pelatihan dan penggerakan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pelatihan. Hasil (Output) pengembangan UMKM setelah dilakukan pelatihan keterampilan di Kelurahan Lesanpuro terlihat adanya perkembangan, inovasi produk dan strategi pemasaran berupa metode atau cara pemasaran produk UMKM. Adapun faktor pendukung dan penghambat kegiatan BKBPM dalam pengembangan UMKM di Kelurahan Lesanpuro antara lain faktor pendukung terdiri dari sumber daya manusia, sumber dana, dan faktor jarak (aksesibilitas). Faktor penghambatnya adalah masalah permodalan, pelaksanaan koordinasi antar instansi dan pemasaran produk UMKM. Hal-hal yang perlu dilakukan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) Kota Malang yaitu membangun koordinasi efektif dengan instansi lain yang juga menangani masalah pengembangan UMKM agar tidak ada tumpang tindih (overlapping) dari peran, selain itu pemasaran dan promosi produk UMKM di Kelurahan Lesanpuro sebaiknya ada instansi yang membantu kelancaran dan kemudahan pelaksanaannya. Kontinuitas pelatihan di tahun berikutnya, perlu diupayakan ketersediaan dana dari sumber selain dana hibah misal dana APBD untuk kegiatan pelatihan yang terstruktur dan terprogram.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/659/051609007
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Oct 2016 09:50
Last Modified: 18 Oct 2021 11:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119006
[thumbnail of RIZKY_DEANDRA_ERNAWAN._125030507111003.pdf]
Preview
Text
RIZKY_DEANDRA_ERNAWAN._125030507111003.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item