Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Disiplin Terhadap Kinerja Guru (Studi Pada SMA Negeri Se Kota Malang).

Faruqi, FitronFahmi (2016) Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Disiplin Terhadap Kinerja Guru (Studi Pada SMA Negeri Se Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia adalah Negara yang sedang berkembang dalam hal pendidikan. Dalam pencapaian menjadi Negara dengan masyarakat yang berpendikan, peran guru sebagai pengajar sangat dibutuhkan. Dengan dukungan guru yang bermutu, maka tujuan pendidikan Negara Indonesia akan cepat terealisasi. Guru yang bermutu adalah guru yang memiliki kompetensi mengajar yang baik, memiliki motivasi yang tinggi dan selalu bersemangat dalam bertugas, serta memiliki sikap disiplin yang kuat terhadap segala peraturan. Dalam penelitian ini, kompetensi, motivasi dan dan sikap disiplin guru menjadi fokus utama dalam upaya untuk mencari pengaruh terhadap kinerja guru pada SMA Negeri Se Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan prosedur pengumpulan data melalui survei. Lokasi penelitian dilakukan di 10 Sma Negeri di Kota Malang. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Metode penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan nilai tolenrasi 10%, sehingga didapatkan 85 sampel dari 560 populasi guru di SMAN Kota Malang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui kuesioner. Uji yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi normalitas, linearitas, heteroskedatisitas, dan multikolinearitas, uji analisis korelasi meliputi korelasi sederhana dan korelasi berganda , uji analisis data meliputi regresi linier berganda, deskriptif, korelasi, dan koefisien determinasi, uji hipotesis meliputi uji F dan uji T. Hipotesis yang diajukan adalah adanya pengaruh kompetensi, motivasi, dan disiplin terhadap kinerja guru. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terhadap data yang ada, pengujian secara simultan memberikan kesimpulan bahwa dari ketiga variabel yang terdiri kompetensi (X1), motivasi (X2), disiplin (X3), berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru. Dari uji Determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,776 yang artinya kemampuan persamaan regresi dalam memprediksi nilai variabel terikat adalah 77,6% dipengaruhi oleh variabel bebas yang diteliti, yaitu kualitas kompetensi (X1), motivasi (X2), disiplin (X3) sedangkan sisanya sebesar 11,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/646/051610530
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Oct 2016 09:39
Last Modified: 11 Oct 2016 09:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118992
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item