Analisis Rasio Keuangan Sebagai Dasar Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum Dan Sesudah Akuisisi (Studi Pada PT Kalbe Farma Tbk),

Khairunisa, Runi (2016) Analisis Rasio Keuangan Sebagai Dasar Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum Dan Sesudah Akuisisi (Studi Pada PT Kalbe Farma Tbk),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja keuangan PT Kalbe Farma Tbk sebelum dan sesudah akuisisi yang dinilai berdasarkan analisis rasio keuangan. Pada penelitian ini rasio keuangan yang digunakan terdiri dari rasio likuiditas (CR, QR, dan Cash Ratio), rasio aktivitas (TATO dan FATO), rasio profitabilitas (NPM, ROI, ROE, dan EPS), dan rasio leverage (DER dan DAR). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif. Lokasi penelitian yang dipilih pada penelitian ini adalah PT Kalbe Farma Tbk dengan pengambilan data pada Pojok Bursa Efek Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder yang berupa laporan keuangan tahunan dan ringkasan perusahaan PT Kalbe Farma Tbk yang terdiri dari tahun 2009-2015. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara menghitung rasio keuangan selama 7 tahun periode pengamatan yaitu 2009-2015, yang selanjutnya dilakukan analisis dengan membandingkan hasil perhitungan rasio keuangan pada saat sebelum dan sesudah akuisisi untuk mengetahui perkembangan yang terjadi pada PT Kalbe Farma Tbk. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil analisis kinerja keuangan PT Kalbe Farma Tbk yang diniliai berdasarkan analisis rasio keuangan menunjukkan keadaan yang kurang baik. Rasio keuangan pada PT Kalbe Farma Tbk yang diukur melalui rasio likuiditas ( CR dan QR), rasio aktivitas (TATO dan FATO), rasio profitabilitas (NPM, ROI, ROE dan EPS), dan rasio leverage (DER) menunjukkan bahwa terjadinya penurunan sesudah PT Kalbe Farma Tbk melaksanakan kegiatan akuisisi, sedangkan peningkatan sesudah PT Kalbe Farma Tbk melakukan Akuisisi terdapat pada rasio leverage (DAR). Berdasarkan analisis deksriptif dari penilaian rasio keuangan untuk kinerja keuangan PT Kalbe Farma Tbk cenderung mengalami penurunan. Penurunan yang terjadi dapat mencerminkan bahwa kegiatan akusisi yang telah dilaksanakan oleh PT Kalbe Farma Tbk tidak memberikan dampak yang positif terhadap kinerja keuangan perusahaan selama 7 tahun pengamatan, hal tersebut dapat dibuktikan oleh penurunan yang terjadi pada rasio ROE dan EPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/643/051608991
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Oct 2016 09:28
Last Modified: 11 Oct 2016 09:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118989
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item