Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Electronic Word-Of-Mouth (Ewom) Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli (Survei Pada Followers Akun Instagram @Saboten_Shokudo)

Cahyono, FirmanDwi (2016) Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Electronic Word-Of-Mouth (Ewom) Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli (Survei Pada Followers Akun Instagram @Saboten_Shokudo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang membentuk Electronic Word-of-Mouth (eWOM), untuk menjelaskan pengaruh faktor-faktor yang terbentuk terhadap minat beli, dan untuk mengetahui faktor yang dominan dalam mempengaruhi minat beli. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Electronic Word-of-Mouth (eWOM) yang terdiri dari faktor Platform Assistance (X1), Concern for Others (X2), Expressing Positive Feelings (X3), Economic Incentives (X4), Helping the Company (X5) dan Minat Beli (Y). Populasi penelitian ini adalah followers @saboten_shokudo yang berusia minimal 17 tahun dan pernah mengetahui atau menerima informasi mengenai restoran Saboten Shokudo dari instagram. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 108 orang responden dengan menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat lima buah faktor yang membentuk Electronic Word-of-Mouth (eWOM), yaitu Platform Assistance (X1), Expressing Positive Feelings (X2), Economic Incentives (X3), Helping the Company (X4), dan Concern for Others (X5). Kelima faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Y). Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa faktor Concern for Others merupakan faktor dominan dalam mempengaruhi minat beli. Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya restoran Saboten Shokudo dapat mempertahankan dan meningkatkan intensitas followers-nya dalam menuliskan komentar-komentar positif, karena hal tersebut dapat menjadi rujukan dan menggugah followers lain untuk berminat membeli di restoran Saboten Shokudo.

English Abstract

This research aims to determine on what factors formed Electronic Wordof- Mouth (eWOM), to determine the effect factors of eWOM to buying intention, and to describe dominant factors of eWOM towards buying intention. This type of research is explanatory research with quantitative approach. Variable in this research are Electronic Word-of-Mouth (eWOM) consist of Platform Assistance (X1), Concern for Others (X2), Expressing Positive Feelings (X3), Economic Incentives (X4), Helping the Company (X5) and Buying Intention (Y). Population in this research is followers @saboten_shokudo aged 17 years old and older and was knew or received the information about Saboten Shokudo Restaurant from instagram. The sample used the research was 108 people chosen with purposive sampling and data collection methods in questionnaire. Data analysis used factor analysis and multiple regression analysis. The results shows that five factors formed of Electronic Word-of-Mouth (eWOM) consist of Platform Assistance (X1), Expressing Positive Feelings (X2), Economic Incentives (X3), Helping the Company (X4), and Concern for Others (X5). Those five factors has significantly effect towards buying intention. From this analysis concluled that Concern for Others (X2) is dominant factor formed Electronic Word-of-Mouth (eWOM). Based on this research’s result, Saboten Shokudo’s Restaurant should maintain and increase the intention of positive comments, since it serves to be a reference and inspiration for other followers in their buying intention at Saboten Shokudo’s Restaurant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/623/ 051608971
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 28 Sep 2016 13:18
Last Modified: 28 Sep 2016 13:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118967
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item