Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Image (Survei Pada Konsumen Kosmetik Wardah Di Counter Wardah Kota Malang)

Cholifah, Nike (2016) Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Image (Survei Pada Konsumen Kosmetik Wardah Di Counter Wardah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel-variabel dalam celebrity endorser yang terdiri dari trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, dan similarity yang dimiliki selebriti Wardah terhadap brand image kosmetik Wardah. Lokasi penelitian dilakukan di counter Wardah Matahari Malang Town Square dan Toko Raya Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan jumlah sampel sebesar 108 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda. Berdasarkan hasil analisis linear berganda diketahui bahwa nilai signifikansi F sebesar 0,000 atau lebih kecil dari α = 5%, sedangkan nilai R Square sebesar 48,2%. Hasil analisis regresi secara parsial didapatkan variabel Trustworthiness (X1) dengan nilai signifikansi 0,034 < 0,05 dan nilai thitung 2,154; variabel Expertise (X2) dengan nilai signifikansi 0,034 < 0,05 dan nilai thitung 2,146; variabel Attractiveness (X3) dengan nilai signifikansi 0,021 < 0,05 dan nilai thitung 2,343; variabel Respect (X4) dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05 dan nilai thitung 3,026; dan variabel Similarity (X5) dengan nilai signifikansi 0,031 < 0,05 dan nilai thitung 2,187. Berdasarkan hasil regresi secara parsial didapatkan variabel Respect (X4) merupakan variabel yang berpengaruh dominan karena memiliki nilai koefisien B paling besar yaitu sebesar 0,527. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan baik secara bersama-sama maupun secara parsial antara variabel Trustworthiness (X1), Expertise (X2), Attractiveness (X3), Respect (X4), dan Similarity (X5) terhadap variabel Brand Image (Y) serta diketahui bahwa variabel Respect (X4) berpengaruh dominan dibanding variabel lainnya sehingga diharapkan perusahaan mampu menjaga konsistensi untuk menggunakan bintang iklan yang membuat audiens kagum sehingga citra merek yang baik pada produknya tetap terjaga.

English Abstract

This research aims to determine and describe the influance of variables in celebrity endorser which consist of trustworthiness, expertise, attractiveness, respect, and similarity that owned by Wardah’s celebrity towards brand image of Wardah cosmetics. This research takes location at Wardah’s counter in Matahari Department Store Malang Town Square and Raya Shop Malang. The type of this research is explanatory research involving 108 respondents as sample. Technique of sampling uses accidental sampling. This research uses analysis of multiple linear regression as data analysis technique. Considering the result of analysis of multiple linear regression, finds that the significance value F equals to 0,000 or less than α = 5%, and the value of R Square is 45,7%. The result of partial regression analysis obtained Trustworthiness (X1) with significant value 0,034<0,05 and t-count 2,154; Expertise (X2) with significant value 0,034<0,05 and t-count 2,146; Attractiveness (X3) with significant value 0,021<0,05 and t-count 2,343; Respect (X4) with significant value 0,003<0,05 and t-count 3,026; and Similarity (X5) with significant value 0,031<0,05 and t-count 2,187. Based on the result of partial regression obtained Respect (X4) is variable which is dominant because it has the greatest value of B that is equal to 0,527. The conclusion from this research is there is significant influence either together or partially between variables Trustworthiness (X1), Expertise (X2), Attractiveness (X3), Respect (X4), and Similarity (X5) to variable Brand Image ( Y) and found that the variable Respect (X4) dominant than the other variables so the company is expected to be able to maintain the consistency to use celebrity that makes the audience impressed so that a good brand image of their product is maintained.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/622/ 051608970
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 28 Sep 2016 13:31
Last Modified: 28 Sep 2016 13:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118966
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item