Analisis Fundamental dalam Penilaian Harga Saham dengan Menggunakan Metode Dividend Discounted Model dan Price Earning Ratio (Studi Pada Perusahaan Multinasional Sub Sektor Semen yang Terdaftar di Bur

Brilliand, DiestraPerdanaEryando (2016) Analisis Fundamental dalam Penilaian Harga Saham dengan Menggunakan Metode Dividend Discounted Model dan Price Earning Ratio (Studi Pada Perusahaan Multinasional Sub Sektor Semen yang Terdaftar di Bur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring bertumbuh kembangnya perekonomian global saat ini diikuti dengan bertumbuhnya perusahaan-perusahaan multinasional yang memiliki cakupan operasional diberbagai negara. Semakin majunya bisnis pada perusahaan multinasional diikuti dengan kebutuhan modal yang diperlukan guna memperluas bisnis ataupun membiayai kegiatan operasional. Salah satu cara mendapatkan modal dengan melakukan listing di bursa efek. Modal yang didapatkan perusahaan berasal dari para investor dengan cara membeli saham perusahaan. Salah satu sektor yang terus bertumbuh setiap tahunnya adalah sub sektor semen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai wajar dari harga saham dengan menggunakan analisis fundamental dengan metode dividend discounted model dan price earning ratio perusahaan multinasional yang terdaftar pada sub sektor semen di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Pada penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif ini tidak diperlukan uji hipotesis karena hanya menerapkan rumus dari Dividend Discounted Model dan Price Earning Ratio. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan multinasional yang menjadi obyek penelitian. Data didapatkan dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk menyaring lima perusahaan yang menjadi populasi penelitian sehingga hanya diperoleh tiga perusahaan multinasional yang memenuhi kriteria sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa perhitungan rasio laporan keuangan dan menggunakan rumus Dividend Discounted Model dan Price Earning Ratio untuk perusahaan semen yang telah go public. Devidend Discounted Model menghitung pertumbuhan dividen (g), menghitung estimasi dividen (Dt) , menghitung tingkat pengembalian yang diharapkan (k) dan menilai kewajaran harga saham. Price Earning Ratio menghitung pertumbuhan dividen (g), menghitung estimasi dividen (Dt), menghitung tingkat pengembalian yang diharapkan (k), menghitung estimasi EPS, menghitung PER dan menilai kewajaran harga saham. Hasil penelitian menunjukkan selama periode tahun 2013-2015 dengan metode Dividend Discounted Model menunjukkan saham mengalami undervalued yaitu PT. Semen Indonesia Tbk, PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dan PT. Holcim Indonesia. Metode Price Earning Ratio menunjukkan saham mengalami undervalued yaitu PT. Semen Indonesia Tbk, PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dan PT. Holcim Indonesia Tbk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/598/051608946
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Oct 2016 11:12
Last Modified: 05 Oct 2016 11:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118937
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item