Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Keliling sebagai Sarana Belajar Masyarakat (Studi Komparatif pada Layanan Perpustakaan Keliling di Perpustakaan Umum Kota Batu dan Perpustakaan Umum Kota Malang).

Prasasti, Sheila (2016) Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Keliling sebagai Sarana Belajar Masyarakat (Studi Komparatif pada Layanan Perpustakaan Keliling di Perpustakaan Umum Kota Batu dan Perpustakaan Umum Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan Keliling merupakan perluasan layanan dari Perpustakaan Umum kepada masyarakat.Kegiatanya berupa mengangkut beberapa jenis informasi lalu mengantarnya ke pos-pos baca yang sudah ditentukan.Tujuannya adalah membiasakan masyarakat membaca dan belajar, sehingga mereka dapat memanfaatkan informasi yang diperoleh untuk memecahkan permasalahan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan layanan Perpustakaan Keliling melalui indikator pemanfaatan, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat layanan.Metode penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan studi komparatif, karena peneliti berusaha menganalisis, mendeskripsikan, dan membandingkan dua objek berbeda yang menjadi sasaran utama. Berdasarkan hasil penelitian pemanfaatan layanan Perpustakaan Keliling sebagai sarana belajar masyarakat pada Perpustakaan Umum Kota Malang dan Perpustakaan Umum Kota Batu menunjukan hasil belum sepenuhnya bermanfaat bagi masyarakat.Hal ini ditunjukan dari layanan Perpustakaan Keliling Kota Malang hanya mampu memenuhi 3 dari 6 indikator. Indikator yang tidak dapat terpenuhi adalah: 1) Pemustaka tidak berminat untuk meminjam koleksi. 2) Perpustakaan belum menyediakan layanan story telling. 3) Pemustaka tidak berminat untuk memanfaatkan jasa informasi, dokumentasi, dan referensi. Sedangkan, Perpusakaan Keliling Kota Batu juga belum memenuhi 3 dari 6 indikator. Indikator pemanfaatan yang tidak dapat terpenuhi adalah: 1) Perpustakaan belum menyediakan layanan pinjam koleksi. 2) Perpustakaan belum menyediakan layanan membacakan cerita. 3) Perpustakaan belum menyediakan layanan pemutaran film. Sehingga dapat disimpulkan, penyediaan layanan Perpustakaan Keliling Kota Batu lebih bermanfaat di banding Perpustakaan Keliling Kota Malang.Karena dari tiga indikator yang disediakan, pemustaka Kota Batu telah memenfaatkan semuanya.Sedangkan Perpustakaan keliling Kota Malang dari 4 indikator yang disediakan, pemustaka hanya memanfaatkan 3 indikator saja.Faktor pendukung Perpustakaan Keliling Kota Malang adalah pengalaman SDM yang banyak dan sudah tersedianya tenaga pustakawan di Perpustakaan Umum.Faktor penghambatnya adalah jenis koleksi yang tidak beragam.Faktor pendukung Perpustakaan Keliling Kota Batu adalah minat masyarakat tinggi dalam memanfaatkan layanan, sedangkan faktor penghambatnya adalah tenaga SDM yang terbatas dan kondisi armada yang kurang bagus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/591/051608939
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Oct 2016 08:49
Last Modified: 11 Oct 2016 08:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118930
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item