Efektivitas Tindakan Penagihan Pajak Dengan Surat Tagihan Pajak Daerah, Surat Teguran, Dan Surat Paksa Sebagai Upaya Pencairan Tunggakan Pajak Daerah(Studi pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabup

Imron, Muhammad (2016) Efektivitas Tindakan Penagihan Pajak Dengan Surat Tagihan Pajak Daerah, Surat Teguran, Dan Surat Paksa Sebagai Upaya Pencairan Tunggakan Pajak Daerah(Studi pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabup. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penagihan Pajak merupakan tindakan yang dilakukan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan untuk memenuhi penerimaan pajak daerah yang belum dilunasi oleh Wajib Pajak. Penagihan Pajak merupakan salah satu tugas pokok di Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah yang pelaksanaanya diatur oleh Peraturan Daerah. Tindakan Penagihan dilakukan oleh petugas seksi penagihan di Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Pasuruan untuk memenuhi target penerimaan Pajak Daerah. Dalam Pelaksaan Penagihan Pajak, Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Keuangan Daerah melakukan tindakan penagihan yang berbeda dengan peraturan daerah. Tindakan penagihan pajak yang berbeda dengan Peraturan Daerah karena petugas seksi penagihan lebih menerapkan tindakan yang persuasif sehingga Wajib Pajak tidak merasa terbebani dengan Hutang Pajaknya. Tetapi jumlah tunggakan pajak yang besar dan penerimaan yang sedikit mengakibatkan pelaksanaan penagihan yang dilakukan Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah kurang efektif. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan analisis data creswell dan rumus efektifitas dengan fokus masalah pelaksanaan tindakan penagihan dan efektifitas penagihan pajak yang dilakukan oleh Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan penagihan di Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah berbeda dengan peraturan daerah yang ditetapkan. Alasan berbedanya pelaksaan di lapangan dengan peraturan daerah karena petugas seksi penagihan lebih menekankan tindakan yang persuasif dengan memberikan banyak waktu kepada Wajib Pajak untuk melunasi hutang pajaknya. Tingkat efektifitas pada Surat Tagihan Pajak Daerah menunjukkan masih tidak efektif. Namun, penagihan pajak dengan Surat Teguran dan Surat paksa telah tergolong efektif. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan penagihan pajak di Dinas Pengelolaan Daerah Kabupaten Pasuruan agar tindakan penagihan tidak membutuhkan waktu lama dan tingkat efektifitas untuk tindakan penagihan menjadi lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/572/051608920
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Oct 2016 13:24
Last Modified: 10 Oct 2016 13:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118909
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item