Evaluasi Pelaksanaan Program Rehabilitasi Sosial Daerah Kumuh (RSDK) Sebagai Upaya Perbaikan Permukiman Kumuh (Studi Pada Program RSDK Di Dinas Sosial Kota Surabaya dan Kelurahan Tanah Kali Kedinding,

Fataya, Mega (2016) Evaluasi Pelaksanaan Program Rehabilitasi Sosial Daerah Kumuh (RSDK) Sebagai Upaya Perbaikan Permukiman Kumuh (Studi Pada Program RSDK Di Dinas Sosial Kota Surabaya dan Kelurahan Tanah Kali Kedinding,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian skripsi ini dilakukan atas dasar adanya permasalahan kemiskinan yang dapat menimbulkan kesenjangan di dalam kehidupan masyarakat khususnya di Kota Surabaya. Salah satu bentuk kesenjangan kehidupan yang berkembang di masyarakat yaitu seperti adanya permukiman kumuh. Secara keseluruhan permukiman kumuh tersebut dihuni oleh masyarakat miskin yang dikarenakan adanya ketidakmampuan dalam memenuhi segala kebutuhan hidup. Adanya problematika tersebut pihak pemerintah khususnya Pemerintah Kota Surabaya membuat sebuah kebijakan berupa Program Rehabilitasi Sosial Daerah Kumuh (RSDK). Program ini telah ada di Kota Surabaya sejak tahun 2003 hingga sekarang dan merupakan bantuan dari pemerintah untuk memperbaiki permukiman kumuh yang ada di Kota Surabaya. Program RSDK ini diberikan kepada masyarakat miskin yang tinggal di permukiman kumuh dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dari sisi ekonomi, sosial, dan lingkungan. Penelitian evaluasi pelaksanaan program RSDK ini dilakukan untuk dapat memahami sejauh mana perkembangan pelaksanaan program RSDK di Kota Surabaya, faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program, serta menganalisis keberhasilan pelaksanaan program berdasarkan kriteria evaluasi kebijakan milik William Dunn. Hal tersebut dilakukan agar dapat memberikan informasi dan rekomendasi tentang perkembangan program RSDK di Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitan yang diambil adalah Dinas Sosial Kota Surabaya dan Kelurahan Tanah Kali Kedinding, Kota Surabaya. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif milik John Cresswell. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program tersebut belum memiliki hasil yang optimal, dikarenakan adanya koordinasi yang buruk di antara aparatur pelaksana, jumlah waktu pelaksanaan yang singkat, dan jumlah anggaran yang tidak sesuai dengan kebutuhan lapangan. Kesimpulan yang diperoleh adalah pelaksanaan program ini belum berjalan dengan baik, sehingga belum memiliki hasil optimal. Saran yang dapat diberikan yaitu dengan perlu untuk memperbaiki koordinasi aparatur pelaksana, perincian dana, penambahan waktu pelaksanaan dan jumlah pekerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/566/051608914
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Oct 2016 14:17
Last Modified: 07 Oct 2016 14:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118902
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item