Efektivitas Pelayanan Surabaya Intelligent Transport System Dalam Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas Kota Surabaya (Studi pada Dinas Perhubungan Kota Surabaya).

Asrofalevi, Tia (2016) Efektivitas Pelayanan Surabaya Intelligent Transport System Dalam Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas Kota Surabaya (Studi pada Dinas Perhubungan Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh cara pandang dalam meningkatkan pelayanan publik pada manajemen lalu lintas dengan pelayanan berbasis teknologi informasi. Dalam rangka e-Government dikembangkan program Surabaya Intelligent Transport System dalam rangka melayani masyarakat khususnya di bidang lalu lintas dalam mengatasi kemacetan lalu lintas Kota Surabaya. Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana efektivitas Surabaya Intelligent Transport System dalam mengatasi kemacetan lalu lintas Kota Surabaya dan apa saja faktor pendukung dan penghambat yang menyertainya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena yang ada. Kemudian metode analisa data yang digunakan adalah analisa interaktif, yang memiliki empat prosedur, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan dengan adanya program Surabaya Intelligent Transport System sudah mampu meningkatkan kelancaran lalu lintas dengan memperkecil hambatan lama waktu tunggaan di persimpangan akibat kemacetan lalu lintas, sehingga pengguna jalan dapat mengurangi lama waktu tunggan di persimpangan selama 20%. Biasanya menghabiskan waktu 60 menit, kini hanya 48 menit. Namun masih terdapat titik kemacetan pada waktu pergi dan pulang kerja. Faktor pendukung dalam penyelenggaraan Surabaya Intelligent Transport System adalah leadership, Sumber Daya Manusia, dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan anggaran biaya dan listrik mengalami gangguan. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan bahwa diperlukan sosialisasi kepada masyarakat agar program Surabaya Intelligent Transport System lebih dikenal dan dapat dimanfaatkan secara lebih optimal. Serta diperlukannya strategi baru yang dapat meminimumkan tingkat kemacetan pada saat pergi dan pulang kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/562/051608910
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Oct 2016 13:38
Last Modified: 07 Oct 2016 13:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118898
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item