Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Malang (Studi Pada Puskesmas Dinoyo Kota Malang).

Tagunar, FastaAgustiaRuli (2016) Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Malang (Studi Pada Puskesmas Dinoyo Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Permasalahan pelaksanaan program JKN di Kota Malang adalah banyak peserta JKN yang menunggak pembayaran iuran JKN, kesalahan sistem berakibat pembayaran iuran peserta JKN tidak masuk dalam sistem tagihan atau pembayaran BPJS Kesehatan, banyak peserta JKN yang tidak mengikuti prosedur untuk memperoleh pelayanan kesehatan, masih banyak masyarakat yang baru menjadi peserta JKN setelah sakit, terdapat peserta yang terlambat melaporkan anggota keluarganya yang juga merupakan peserta program JKN sehingga tunggakan iuran yang harus dibayar menumpuk, terdapat calon peserta JKN yang hanya ingin mendaftarkan dirinya sendiri tanpa menyertakan seluruh anggota keluarganya. Puskesmas Dinoyo memiliki kendala dalam memberikan kesehatan yaitu pasien tidak membawa kartu berobat sehingga menyulitkan petugas mencari data rekam medis pasien sebelumnya dan pemberian pelayanan kesehatan terhambat, hilang atau terselipnya rekam medis milik pasien sehingga pelayanan kesehatan terhambat, dan calon pasien tidak sabar untuk memperoleh pelayanan kesehatan. Fokus penelitan yang diambil dalam penelitian ini berkaitan dengan pelaksanaan program JKN di Puskesmas Dinoyo, kendalakendala yang dialami dalam pelaksanaan program JKN di Puskesmas Dinoyo, dan upaya perbaikan yang dilakukan oleh Puskesmas Dinoyo dalam pelaksanaan program JKN. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari sumber tertulis (dokumen pribadi dan resmi, arsip), foto, data statistik. Analisis data menggunakan model Interaktif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas Dinoyo Kota Malang, mulai persiapan, pelaksanaan, pelaporan, evaluasi. Kendala pelaksanaan program JKN adalah adanya peserta JKN yang tidak mau mengikuti aturan untuk memperoleh pelayanan kesehatan, peserta JKN tidak mau antri untuk memperoleh pelayanan kesehatan, ada peserta JKN yang bukan kapitasi Puskesmas Dinoyo yang datang untuk memperoleh pelayanan kesehatan, dan Puskesmas Dinoyo merugi atas pembayaran biaya pelayanan kesehatan rawat inap untuk pasien dari kapitasi peserta JKN yang dibayarkan oleh BPJS Kesehatan. Upaya perbaikan yang dilakukan adalah pemberian pengertian tentang proses untuk memperoleh pelayanan kesehatan bagi peserta JKN dan bagi peserta yang bukan merupakan kapitasi milik Puskesmas Dinoyo tetap dilayani hingga tiga kali. vii Saran dari peneliti adalah penambahan ruang tunggu untuk pasien termasuk peserta JKN, pembahasan ulang berkaitan dengan pembayaran klaim pelayanan kesehatan rawat inap, penambahan sosialisasi proses untuk memperoleh pelayanan kesehatan untuk peserta JKN, dan pengecekan obat secara berkala.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/560/051608908
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Oct 2016 10:59
Last Modified: 07 Oct 2016 10:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118896
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item