Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Badan Kepegawaian Negara (Studi pada Badan Kepegawaian Negara, Jakarta Timur),

Arifin, RezaAgustian (2016) Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Badan Kepegawaian Negara (Studi pada Badan Kepegawaian Negara, Jakarta Timur),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem merit adalah kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal-usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, ataupun kondisi kecacatan lainnya. Unsur senioritas dan subjektifitas masih mendominasi dalam setiap pengisian jabatan, untuk menempatkan seorang pegawai dalam jabatannya lebih ditentukan oleh suka atau tidak suka pejabat politik. Nuansa politik begitu tinggi, bukan sekedar mempengaruhi bahkan menjadi penentu dalam setiap tahapan manajemen PNS baik di pemerintah pusat maupun daerah Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di BKN serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan studi kasus tunggal. Penelitian ini menggunakan analisis data komponenkomponen analisis data, dimulai dengan pengumpulan data, menulis kasus, menulis kesimpulan kasus. Hasil penelitian ini proses seleksi terbuka JPT di BKN memberikan standar kompetensi yang baik untuk pejabat pratama dengan setiap tahapan yang dilaksanakan oleh setiap pelamar dengan ditunjang dukungan sumberdaya manusia, infrastruktur dan teknologi. Manfaat bagi pelamar adalah memudahkan melakukan akses pendaftaran ketika melamar di suatu jabatan pimpinan tinggi di BKN. Pelaksanaan seleksi terbuka JPT Pratama dipengaruhi beberapa faktor berupa pendukung dan penghambat. Faktor pendukung pelaksanaan rekrutmen ini adalah keterbukaan, pertanggungjawaban publik pelaksana, infrastruktur dan teknologi. Faktor penghambat pelaksanaan rekrutmen ini yaitu kompetensi pejabat pratama saat ini, budaya birokrasi kekeluargaan daerah dan golongan, kompetensi yang rendah. Saran penelitian ini menggunakan sistem Computer Assissted Test dan Assessment Center. Diharapkan proses tersebut dijalankan tidak hanya di Badan Kepegawaian Negara, akan tetapi dilaksanakan di BKN Regional dan Badan Kepegawaian Daerah sehingga kompetensi yang baik pegawai yang akan dipromosikan tidak hanya di instansi pusat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/553/051608901
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Oct 2016 10:32
Last Modified: 20 Jul 2020 05:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118888
[thumbnail of REZA_AGUSTIAN_ARIFIN.pdf]
Preview
Text
REZA_AGUSTIAN_ARIFIN.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item