Implementasi Kebijakan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi tentang program Pengembangan Usaha Mina Pedesaan di Desa Jetirejo Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan),

Amrullah, Afif (2016) Implementasi Kebijakan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi tentang program Pengembangan Usaha Mina Pedesaan di Desa Jetirejo Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh permasalahan nelayan yang pada saat ini mengalami kesulitan untuk mendapatkan ikan/menangkap ikan secara mandiri dan berimbas kepada pendapatan nelayan terutama nelayan buruh sehingga perlu adanya program untuk membantu perkembangan nelayan dalam hal meningkatkan hasil produksi. Salah satu program pemerintah untuk masyarakat nelayan yaitu Pengembangan Usaha Mina Pedesaaan (PUMP) Nelayan Tangkap, yang bertujuan meningkatkan mendapatan nelayan serta untuk mensejahterakan masyarakat pesisir khususnya masyarakat nelayan tangkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan,mengidentifikasi serta menganalisa pelaksanaan program Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) di desa Jatirejo Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. Faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan program Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) serta dampak pelaksanaan program Pengembangan Usaha Mina Pedesaan terhadap kondisi ekonomi masyarakat Kajian pustaka yang digunakan, teori kebijakan publik, implementasi kebijakan, teori dan model pemberdayaan serta bentuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif, penelitian ini berusaha menggambarkan data penelitian yang diperoleh. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan memadukan informasi yang diperoleh dari hasil wawancara kepada para informan, observasi dan analisi dokumen. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa implementasi yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan sudah berjalan dengan cukup baik dan banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Faktor penghambatnya kurangnya dana program, cuaca yang tidak menentu serta belum maksimalnya fungsi kelembagaan nelayan. Faktor pendukung adanya dukungan dari masyarakat untuk mejudkan tujuan program tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/548/051608896
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Oct 2016 13:47
Last Modified: 06 Oct 2016 13:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118882
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item