Implementasi Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah (Studi pada Pemungutan Pajak Hotel Kategori Rumah Kos).

Pratami, Winda (2016) Implementasi Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah (Studi pada Pemungutan Pajak Hotel Kategori Rumah Kos). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari penetapan rumah kos sebagai salah satu objek pajak hotel yang didasarkan pada Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah pada 30 Desember 2010. Sejak pelaksanaannya pada akhir tahun 2013, pemungutan pajak hotel kategori rumah kos di Kota Malang menghadapi permasalahan diantaranya masih sedikit rumah kos yang menjadi wajib pajak dikarenakan kurangnya sosialisasi dan kesadaran wajib pajak yang rendah. Selain itu juga pendataan objek pajak rumah kos masih terbatas pada Kecamatan Lowokwaru yang merupakan pusat dari usaha rumah kos. Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan implementasi pemungutan pajak hotel kategori rumah kos ditinjau dari kriteria pajak daerah serta faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pemungutan pajak hotel kategori rumah kos di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara sebagai alat pengumpulan data yang dilakukan kepada pihak-pihak yang berkompeten dan berhubungan langsung dengan implementasi pemungutan pajak hotel kategori rumah kos di Kota Malang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis data penelitian kualitatif Model Creswell. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berkaitan dengan implementasi pemungutan pajak hotel kategori rumah kos di Kota Malang apabila ditinjau dari kriteria pajak daerah masih belum sepenuhnya terpenuhi. Hal ini ditunjukkan dengan tidak memenuhinya beberapa kriteria antara lain elastisitas sumber pendapatan, keadilan secara horizontal, kemampuan administratif dalam aspek pendataan dan kesepakatan politis. Sedangkan hasil penelitian terkait dengan faktor yang mempengaruhi implementasi pemungutan pajak hotel kategori rumah kos di Kota Malang menunjukkan bahwa ada beberapa aspek yang belum terpenuhi diantaranya, sumber daya petugas masih kurang sehingga kesulitan dalam melakukan pendataan, rendahnya kesadaran dari pemilik rumah kos untuk membayar pajak serta belum ada standar operasional prosedur secara khusus yang mengatur pemungutan pajak hotel kategori rumah kos. Adapun saran yang dapat diberikan dari penelitian ini yaitu perlu dilakukan pengkajian ulang terhadap pemungutan pajak hotel kategori rumah kos di Kota Malang melalui revisi Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pajak Daerah, meningkatkan sosialisasi khusus terkait dengan pajak hotel kategori rumah kos, merealisasikan inisiatifnya membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah dan melakukan pemutakhiran data objek pajak hotel kategori rumah kos.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/545/051608893
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Oct 2016 13:38
Last Modified: 06 Oct 2016 13:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118879
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item