Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Terhadap Pembangunan Berkelanjutan (Studi pada Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang)

Angguna, Meigen (2016) Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Terhadap Pembangunan Berkelanjutan (Studi pada Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2007 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil dirumuskan kebijakan pengelolaan sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil berbasis masyarakat. Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Malang Nomor 3 Tahun 2010 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Malang pasal 17 menetapkan kebijakan dan strategi Fungsi Kawasan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di Desa Tambakrejo. Sejalan dengan kebijakan tersebut, tujuan pengelolaan sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil di Desa Tambakrejo adalah untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Namun Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah menjelaskan bahwa penyelenggaraan urusan pemerintahan bidang kelautan berada pada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. Hal tersebut menimbulkan missmanagement dalam pengelolaan sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil di Kabupaten Malang. Adanya kerusakan lingkungan hidup di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil disebabkan oleh pemanfaatan yang destruktif dan masih rendahnya pemahaman masyarakat mengenai pemanfaatan sumber daya secara berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian diskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Sedangkan fokus penelitian ini yaitu: (1) Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Terhadap Pembangunan Berkelanjutan di Desa Tambakrejo, yang meliputi variabel: Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi; (2) Output dari implementasi kebijakan pengelolaan sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil terhadap pembangunan berkelanjutan di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini bahwa Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Terhadap Pembangunan Berkelanjutan di Desa Tambakrejo belum maksimal, dilihat dari variabel faktor komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokasi. Output dari implementasi kebijakan pengelolaan sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil dilihat dari dimensi keberlanjutan ekologis, sosial, dan ekonomi. Pengelolaan sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil tidak hanya meningkatkan pendapatan masyarakat namun juga meningkatkan kesadaran dan partisipasi serta pemulihan kekayaan ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/542/051608890
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Oct 2016 11:02
Last Modified: 10 Oct 2016 11:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118876
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item