Implementasi Pengaturan Pengelolaan Air Tanah sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 8 Tahun 2014 (Studi pada Desa Candiwates Kabupaten Pasuruan dan Dinas Pengairan & Pertambangan Kab

Gasenda, FinnaPuteri (2016) Implementasi Pengaturan Pengelolaan Air Tanah sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 8 Tahun 2014 (Studi pada Desa Candiwates Kabupaten Pasuruan dan Dinas Pengairan & Pertambangan Kab. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desa Candiwates yang terletak di kaki Gunung Welirang memiliki air tanah yang melimpah sehingga banyak pengusaha yang melakukan eksploitasi air tanah. Maka, diperlukan penegasan dari pelaksanaan Perda Kabupaten Pasuruan tentang pengelolaan air tanah untuk mengendalikan eksploitasi air tanah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pengaturan pengelolaan air tanah serta faktor-faktor yang mempengaruhi dalam implementasi pengaturan pengelolaan air tanah sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 8 Tahun 2014 di Desa Candiwates. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) implementasi pengaturan pengelolaan air tanah sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 8 Tahun 2014 di Desa Candiwates meliputi: pengendalian air tanah; (2) faktor yang mempengaruhi dalam implementasi pengaturan pengelolaan air tanah sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pasuruan Nomor 8 Tahun2014 di Desa Candiwates meliputi: aktor yang terlibat, anggaran dana, Standar Operasional Prosedur dan tujuan dari Peraturan Daerah. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Milles dan Huberman dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pelaksanaan dari Perda pengelolaan air tanah menurut aspek pengendalian air tanah, para pemilik usaha telah menjaga keseimbangan antara pengimbuhan, pengaliran dan Pelepasan air tanah (cekungan air tanah), memenuhi tarif progresif air tanah sesuai tingkat konsumsi dan pemenuhan air untuk kebutuhan masyarakat, sedangkan yang masih belum mereka penuhi yaitu pembatasan penggunaan air tanah, konsistensi perizinan penggunaan air tanah, serta tata cara Rekomendasi Teknis yang telah diberikan pihak ESDM Provinsi Jawa Timur. Faktor yang berpengaruh dalam implementasi Perda pengelolaan air tanah adalah aktor yang terlibat meliputi pihak dari Dinas Pengairan dan Pertambangan, pengusaha air dan masyarakat candiwates; anggaran dana yang sudah mencukupi untuk melaksanakan pengelolaan air tanah; tahap pengambilan keputusan dalam Standar Operasional Prosedur yaitu terletak pada penerbitan berita acara; serta tujuan dari Perda ini yang telah tercapai yaitu memperhatikan fungsi sosial, lingkungan hidup dan pembangunan antar sektor bisa berjalan secara selaras dan seimbang dengan berkurangnya ketimpangan dan kecurangan yang pernah ada sebelumnya. Saran yang dapat diberikan adalah harus melakukan keseimbangan dan pembatasan dalam penggunaan air tanah, diperlukan kerjasama antara Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur dan Dinas Pengairan dan Pertambangan Kabupaten Pasuruan untuk lebih menegakkan pengawasan untuk pengusaha di Desa Candiwates, serta dibutuhkan partisipasi dari Pemerintah Desa dan warga Desa Candiwates.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/540/051608888
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Oct 2016 10:55
Last Modified: 10 Oct 2016 10:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118874
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item