Kinerja Pegawai Dalam Melaksanakan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian Online (Sapk) (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Batu)

Ambarsari, Dinny (2015) Kinerja Pegawai Dalam Melaksanakan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian Online (Sapk) (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian Online (SAPK) sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan administrasi kepegawaian di Pemerintah Kota Batu yang diharapkan mampu meningkatkan kinerja pegawai.Dimana dengan adanya Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian Online tersebut diharapkan mampu untuk mendukung fungsi operasi,manajemen,dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian Online (SAPK) bertujuan untuk menyediakan kepada penggelola organisasi data maupun informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas didalam organisasi.Selain Untuk memudahkan pegawai dalam mengurus masalah yang berhubungan dengan kepegawaian SAPK Online juga merupakan wujud dari pengembangan Electronic Goverment. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Dengan metode kualitatif peneliti dapat memahami makna suatu peristiwa interaksi dalam situasi tertentu menurut pandangan peneliti.Lokasi penelitian berada di Kota Batu dan situs penelitian di Badan Kepegawaian Daerah Kota Batu.Dalam penelitian ini analisis data menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian tentang Kinerja Pegawai dalam Melaksanakan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian yang diterapkan di Badan Kepegawaian Daerah Kota Batu ,Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) Online merupakan salah satu terobosan terbaru yang diterapkan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kota Batu,dengan adanya SAPK online ini sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kinerja pegawai dalam mengelolah database kepegawaian.Namun masih terdapat beberapa hambatan seperti Sumber daya Organisasi yang terbatas, Kurangya kesadaran pegawai di SKPD.Saran yang dapat dilaksanakan yaitu Sumber Daya Manusaia harus ditumbuhkan baik kemampuan maupun ketrampilannya sesuai dengan etos kerja yang ingin dicapai.meningkatkan kesadaran di masing-masing SKPD,dilakukan pelatihan mendalam mengenai SAPK.

English Abstract

Online Employment Application System Services (SAPK) as part of efforts to improve administrative services personnel in Batu City Government is expected to improve employee performance. Where with the Online Employment Application System Services is expected to be able to support the functions of the operation, management, and decision making in an organization. Online Employment Application System Services (SAPK) aims to provide the managers of the organization of data and information relating to the execution of tasks within the organization. Besides To facilitate employees in taking care of the problems associated with staffing SAPK Online is also a manifestation of the development of Electronic Government. The method used is qualitative research with descriptive approach. With qualitative methods researchers can understand the meaning of an event interaction in specific situations in the view of researchers. The research location is in Batu and research sites in the Regional Employment Board of Batu. In this study analyzed using an interactive model of Miles and Huberman. From the results of research on Employee Performance in Implementing the Employment Service Application System that is applied in Regional Employment, Online Employee Apllication System Services (SAPK) is one of the latest breakthroughs implemented by the Regional Employment Board of Batu, with this as one of SAPK online an effort to improve employee performance in managing the personnel database. However there are still some obstacles such as limited resources Organization, Lack of awareness of employees in SKPD. Suggestions that can be implemented, namely the Human Resources must be grown both the ability and skills in accordance with the work ethic to be achieved to raise awareness in each SKPD, conducted in-depth training regarding SAPK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/54/ 051602285
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 12 Apr 2016 09:53
Last Modified: 12 Apr 2016 09:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118873
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item