Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Produk Unggulan Daerah” (Studi tentang Peran Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam Mengembangkan Industri Kecil Bordir di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasu

Afrianti, RuriSiska (2016) Peran Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Produk Unggulan Daerah” (Studi tentang Peran Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam Mengembangkan Industri Kecil Bordir di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri kecil bordir di Kabupaten Pasuruan banyak berkembang di Kecamatan Bangil. Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan menetapkan produk bordir sebagai produk unggulan daerah dan Kecamatan Bangil sebagai Bangil Kota Bordir (Bang Kodir). Kegiatan membordir telah menjadi warisan budaya yang turun-temurun sehingga sebagian besar masyarakat Bangil memiliki skill membordir yang handal dan juga permintaan produk bordir Bangil yang selalu tinggi. Namun dalam beberapa tahun terakhir, industri kecil bordir mengalami stagnasi dan tidak mampu memenuhi permintaan pasar. Jika industri kecil bordir dikembangkan secara optimal, keberadaan industri kecil bordir mampu memberikan dampak yang positif bagi peningkatan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja dalam jumlah besar, karena industri ini memiliki multipler effect yang besar bagi masyarakat. Untuk itu diperlukan peran Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam mengembangkan industri kecil bordir. Peran Disperindag dalam mengembangkan industri kecil bordir bisa dilihat dari perannya sebagai fasilitator, regulator, dan katalisator. Berdasarkan uraian diatas tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Disperindag dalam melakukan pengembangan industri kecil bordir dan dampak pengembangan industri kecil bordir bagi pelaku usaha, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan industri kecil bordir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, melakukan observasi serta mencari dokumen-dokumen yang terkait dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa peran Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam mengembangkan industri kecil bordir di Kecamatan Bangil sebagai Produk Unggulan Daerah dikatakan kurang maksimal, karena masih terdapat sedikit kendala. Peran Dinas Perindustrian dan Perdagangan diwujudkan dalam pemberian fasilitas untuk industri kecil bordir, pembinaan SDM, membuat peraturan dan kebijakan yang sesuai dengan yang dibutuhkan untuk pengembangan industri kecil bordir, sehingga upaya yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan bisa membantu mengatasi masalah yang dialami industri kecil bordir di Kecamatan Bangil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/524/051608872
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Oct 2016 09:12
Last Modified: 07 Oct 2016 09:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118856
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item