Pembangunan Desa dalam Mewujudkan Kemandirian Desa Berbasis Partisipatif (Studi pada Desa Pucangsari Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan),

Hadi, MuhammadTanzil (2016) Pembangunan Desa dalam Mewujudkan Kemandirian Desa Berbasis Partisipatif (Studi pada Desa Pucangsari Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan desa berdasar pada UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa yang pada pada intinya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penyelesaian masalah seperti penanggulangan kemiskinan melalui penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan secara berkelanjutan untuk mewujudkan kemandirian desa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dibatasi oleh 2 fokus penelitian yaitu (1) Pembangunan desa dalam mewujudkan kemandirian desa berbasis partisipatif dan, (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi pembangunan desa dalam mewujudkan kemandirian desa berbasis partisipatif. Analisis data yang digunakan oleh penulis adalah analisis data Creswell dengan langkah-langkah yang sudah ada. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pembangunan yang dilakukan mencakup segala bidang pembangunan yang berdasar pada kebutuhan dan permasalahan yang dialami oleh masyarakat desa Pucangsari. Pemerintah desa Pucangsari kembali memberdayakan masyarakat sebagai subjek pembangunan karena masyarakat yang paling mengetahui kondisi dan potensi desa, sehingga masyarakat desa memiliki peranan penting dalam segala aspek pembangunan di desa seperti perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan pembangunan desa. Faktor pendukung dari adanya pembangunan tersebut adalah adanya keaktifan masyarakat desa Pucangsari dan potensi desa yang melimpah, sedangkan faktor penghambat yang mempengaruhi pembangunan adalah adanya lembaga kemasyarakatan desa yang kurang maksimal dan minimnya sumberdaya manusia yang potensial. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah perlu adanya beberapa langkah operasional oleh pemerintah desa dan masyarakat desa Pucangsari terkait permasalahan yang dihadapai pada pelaksanaan pembangunan seperti perlunya restrukturisasi lembaga kemasyarakatan yang ada di desa, serta perlunya beberapa program pembangunan yang sesuai dengan tujuan untuk mewujudkan kemandirian desa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/522/051608870
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Oct 2016 08:57
Last Modified: 07 Oct 2016 08:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118854
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item