Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam Upaya Mitigasi Kekeringan di Kabupaten Bojonegoro (Studi Pada Desa Megale Kecamatan Kedungadem)

Budi, RikySetya (2016) Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam Upaya Mitigasi Kekeringan di Kabupaten Bojonegoro (Studi Pada Desa Megale Kecamatan Kedungadem). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur yang memiliki tingkat potensi ancaman bencana yang cukup tinggi, terutama potensi bencana banjir dan kekeringan. Hal ini dikarenakan kondisi topografi Kabupaten Bojonegoro yang berbeda dengan daerah lain, kondisi tanah di Kabupaten Bojonegoro yang tidak bisa meresap air pada saat musim penghujan, sehingga akan menyebabkan kandungan air dalam tanah menjadi kering pada saat musim kemarau. Salah satu cara Pemerintah Daerah Kabupaten Bojonegoro untuk menangangi permasalahan kekeringan tersebut ialah dengan cara mitigasi kekeringan yang dilakukan sebelum bencana kekeringan datang. Salah satu Desa di Kabupaten Bojonegoro yang terdampak kekeringan adalah Desa Megale Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis peran BPBD Kabupaten Bojonegoro dalam Upaya mitigasi kekeringan di Desa Megale Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro dengan menggunakan penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa menggunakan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan menggambarkan serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa peran BPBD Kabupaten Bojonegoro dalam upaya mitigasi kekeringan di wilayah Kabupaten Bojonegoro telah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan komitmen Pemerintah Daerah yang tinggi dalam upaya mitigasi kekeringan, didukung dengan anggaran yang cukup memadai. Dalam pelaksanaan mitigasi kekeringan, BPBD bekerjasama dengan berbagai pihak yaitu, dinas-dinas yang secara teknis mempunyai kewenangan dalam penanggulangan bencana, lembaga usaha dan masyarakat. Akan tetapi dalam pelaksanaannya di Desa Megale Kecamatan Kedungadem, BPBD Kabupaten Bojonegoro masih menemukan beberapa hambatan seperti masih ditemukannya egosektoral antar pemangku kepentingan, kesadaran masyarakat Desa Megale yang masih rendah, dan beberapa wilayah atau desa yang sama sekali tidak ada sumber air.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/508/051608856
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Oct 2016 11:14
Last Modified: 06 Oct 2016 11:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118838
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item